Empat Tahun Lulus, Muhammad Sani Tak Juga Dapat Ijazah, Masih Tunggak DSP

Empat tahun lulus dari SMKN 3 Cimahi Muhammad Sani tak juga terima ijazah. Ia masih menunggak DSP. Pihak sekolah minta orang tua datang.

Empat Tahun Lulus, Muhammad Sani Tak Juga Dapat Ijazah, Masih Tunggak DSP
istimewa
Surat pernyataan Muhammad Sani Hidayat yang belum menerima ijazah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Setelah lulus sekolah tahun 2014 dari SMKN 3 Cimahi, Jurusan Perhotelan, Muhammad Sani Hidayat masih belum menerima ijazah akibat menunggak dana sumbangan pendidikan (DSP) sebesar Rp 900 ribu.

Muhammad Sani Hidayat hingga saat ini masih menantikan bisa mengambil ijazah tersebut karena akan digunakan untuk mencari pekerjaan.

Orang tua Muhammad Sani Hidayat, Misbah Syarif Hidayat (42), mengatakan, ia memiliki kendala untuk melunasi dana DSP. Ia berharap ada kebijaksanaan dari pihak sekolah untuk mengambil ijazah.

"Saya ada keinginan untuk melunasi, tapi tidak langsung lunas. Nanti setelah anak saya bisa kerja mudah-mudahan tunggakan DSP bisa dilunasi," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (5/12/2018).

Misbah menambahkan ia memiliki tiga orang anak dan pendapatannya sebagai penjahit di kediamannya di Desa Cilame, RT 07/10, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, sangat terbatas.

"Penghasilan menjahit kadang ada kadang tidak. Jadi DSP tidak bisa dilunasi sampai anak saya lulus dan ijazah masih belum bisa diambil," katanya.

Ia mengatakan sudah meminta bantuan ke pihak Desa Cilame. Surat keterangan dari desa sudah ia serahkan ke pihak sekolah.

"Tapi dari sekolah dikasih surat lagi, katanya anak saya masih nunggak sekitar Rp 900 ribu. Sehingga tetap harus dilunasi," kata Misbah.

Kepala SMK Negeri 3 Cimahi, Mulyono, mengatakan akan menelusuri adanya permasalah tersebut dan akan membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan ijazahnya yang masih belum bisa diambil.

"Silahkan orang tuanya datang ke sekolah, kita cari solusi yang terbaik," katanya.

Ia mengatakan, biasanya ijazah siswa yang sudah lama lulus biasanya sudah diserahkan, karena apabila disimpan terlalu lama di sekolah, dokumen bisa menumpuk.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved