Eddy Soeparno Ajak Santri Berwirausaha Seperti Rasulullah SAW

Eddy Soeparno ajak santri berwirausaha seperti Rasulullah Saw. Kang memotivasi santri berwirausaha.

Eddy Soeparno Ajak Santri Berwirausaha Seperti Rasulullah SAW
istimewa
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno bersama para habaib dan tokoh ulama Kota Bogor menghadiri acara peringatan maulid Nabi Muhammad Saw 1440H. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno memberikan motivasi kepada santri untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship (kewirausahaan).

Berwirausaha disebut bagian dari meneladani nabi besar umat Islam, Rasulullah Muhammad Saw.

"Rasulullah Saw adalah seorang pedagang ulung, Islam masuk ke Indonesia melalui perdagangan, santri juga harus memiliki jiwa wirausaha seperti pendahulu kita," kata Kang Eddy, Rabu (05/12/2018).

Keinginannya tersebut ia katakan ketika mengunjungi satu pesantren modern di Cianjur. Menurutnya, santri masa kini harus memiliki wawasan luas, bukan hanya ilmu agama, tapi juga ilmu ekonomi dan umum lainnya.

"Jika santri kita kuat dalam sektor ekonomi dan agama, Insya Allah perekonomian umat kita akan semakin kuat," ujarnya.

Eddy Soeparno percaya setiap umat Islam di dunia termasuk Indonesia memiliki kemampuan berwirausaha seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Kang Eddy menilai wirausaha seperti Rasulullah Saw adalah bagian dari dakwah sekaligus memperkuat ekonomi Islam.

"Para santri akan dibekali dengan kemampuan yang mumpuni dalam berwirausaha, di samping itu pengetahuan agama, bahasa dan akan diakomodir oleh pesantren modern nantinya," ucapnya.

Eddy juga menilai pesantren bisa menjadi tempat pemuda untuk memupuk jiwa kewirausahaan dan kemandirian, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah Saw ketika sejak kecil.

"Nabi menikah dengan Khadijah ketika umur 25, dengan mahar 20 ekor unta, unta paling murah 35 juta totalnya 750 juta, belum lagi acara dan lain-lain. Ini membuktikan Nabi Muhammad Saw ketika muda sudah mandiri secara ekonomi dan kala itu pekerjaan Rasulullah Saw adalah sebagai pedagang," ucapnya.

Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved