3 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Razia di Kos-kosan Cimahi

Tiga pasangan bukan suami istri terjaring razia tim gabungan Satpol PP Kota Cimahi, BNNK Cimahi, Anggota Polres Cimahi dan TNI.

3 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Razia di Kos-kosan Cimahi
TribunJabar.id/Hilman Kamaludin
Tiga pasangan bukan suami istri terjaring razia tim gabungan Satpol PP Kota Cimahi, BNNK Cimahi, Anggota Polres Cimahi dan TNI di kosan yang berada di wilayah Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Tiga pasangan bukan suami istri terjaring razia tim gabungan Satpol PP Kota Cimahi, BNNK Cimahi, Anggota Polres Cimahi dan TNI di kosan yang berada di wilayah Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018) malam.

Para penghuni kos-kosan pun kebanyakan kaget ketika melihat kedatangan petugas, mereka langsung membuka pintu, tapi ada juga yang tak membuka pintu meski sudah diketuk berulang kali.

Setelah pintu kosan dibuka, petugas kemudian memeriksa satu per satu penghuni kos-kosan.

Petugas pun akhirnya mendapati tiga pasangan yang berbeda kamar itu tengah berduan di dalam kosan, padahal saat itu, waktu menunjukan pukul 22.48 WIB.

Kemudian petugas langsung memeriksa identitas tiga pasang itu di kamarnya masing-masing, mereka pun tak bisa menunjukan bukti sudah menikah.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat pada Satpol PP Kota Cimahi, Titi Ratna Kemala mengatakan, razia tersebut dilakukan karena didasari Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 5 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum.

Petugas Gerebek Tempat Kos di Cimahi, 60 Penghuni Dites Urine, Tiga Pasangan Digelandang

"Ini dilakukan untuk menganitisipasi penyalahgunaan kos-kosan. Apalagi malam hari, kecurigaan benar tiga pasang itu tidak mempunyai kartu nikah. Kondisi di kamar berdua, dikhawatirkan mereka akan berbuat suatu hal negatif," ujar Titi usai pelaksanaan razia.

Hal tersebut, kata dia, diketahui berdasarkan laporan dari masyarakat terkait adanya sejumlah kos-kosan yang digunakan untuk kegiatan negatif, seperti mesum dan sebagainya.

"Banyak pengaduan bahwa ada kos-kosan yang disinyalir negatif, menyimpang, akhirnya kita turun untuk melakukan razia," kata Titi.

Setelah dirazia ketiga pasangan muda-mudi itu terpaksa harus diamankan. Sebab, kata Titi, karena jika memang bukan pasangan suami istri, tak sepantasanya berada dalam satu kamar.

"Setelah dibawa ke kantor Pol PP, mereka yang terjaring akan disuruh membuat surat pernyataan, dan kalau memang ada orang tuanya, akan dipanggil," ujarnya.

Untuk ke depan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan tersebut secara rutin, minima setahun lima kali, salah satunya dengan menyasar rumah susun sewa (rusunawa) di wilayah Cimahi Selatan.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved