Ini Taman Perpustakaan Digital Kabupaten Bandung yang Instagramable Banget

Untuk meningkatkan budaya literasi warga, Pemkab Bandung membangun Taman Perpustakaan di lingkungan kompleks Pemda

Ini Taman Perpustakaan Digital Kabupaten Bandung yang Instagramable Banget
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Sejumlah pengunjung tampak tengah mencoba buku digital yang disediakan Taman Perpustakaan Digital Kabupaten Bandung, di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung, Soreang beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Untuk meningkatkan budaya literasi warga, Pemkab Bandung membangun Taman Perpustakaan di lingkungan kompleks Pemda. Taman Perpustakaan ini berbasis perpustakaan digital.

Menurut pantauan Tribun, dengan mengusung konsep milenial Taman Perpustakaan digital ini tampak penuh warna. Taman yang dibangun oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimtan) ini berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung.

Terdapat empat kotak buku digital yang dicat warna-warni. Bangku-bangku cantik yang sengaja dibangun selaras dengan konsep milenial. Ditambah ornamen patung-patung berkaitan dengan literasi seperti buku dan pensil warna-warni.

Seperti taman-taman tematik pada umumnya, taman perpustakaan ini juga tampak rindang dengan pepohonan yang hijau. Disertai bunga-bunga yang disusun rapih seakan menyatu dengan konsep yang diisung.

Untuk bisa membaca buku-buku digital ini, para pengunjung harus menggunakan smartphone. Smartpone itu berfungsi untuk menscan kode batang atau barcode yang ada di rak-rak buku tersebut.

KKB yang Membantai 31 Pekerja di Nduga Dipimpin Oleh Egianus Kogoya

Sebelum menscan barcode, terlebih dahulu pengunjung harus mendownload aplikasi ELFAN Bookliblary di Play Store berbasis android. Setelah berhasil mendownload, buka aplikasi dan arahkan kamera smartphone tersebut ke barcode buku yang ingin dibaca.

Sayangnya menurut pantauan Tribun buku-buku digital di perpustakaan ini masih terbatas. Sebagian besar didominasi oleh buku-buku anak dan agama.

Uniknya taman perpustakaan digital ini juga sangat cocok untuk berswafoto karena desain milenial ini sangat instagramable banget. Pengunjung bebas berswafoto di taman ini, asal jangan mengganggu para pengunjung lain yang tengah asik membaca.


Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved