Dishub Cimahi Bakal Rutin Tertibkan Kendaraan yang Parkir Sembarangan di Jalan Protokol

Penegakan hukum terhadap pengendara kendaraan yang parkir sembarangan akan terus dilakukan Dishub Cimahi.

Dishub Cimahi Bakal Rutin Tertibkan Kendaraan yang Parkir Sembarangan di Jalan Protokol
istimewa
Dishub Kota Cimahi dan anggota Polres Cimahi saat melaksanakan penegakan hukum terhadap pengemudi kendaraan yang parkir sembarangan, Kamis (29/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Untuk membuat efek jera terhadap pengendara yang parkir sembarangan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal menggencarkan penegakan hukum (gakum).

Pasalnya, masih banyak pengendara yang kerap parkir sembarangan di sejumlah ruas jalan protokol Kota Cimahi yang menyebabkan kemacetan.

Ruas jalan tersebut diantaranya, Jalan Amir Mahmud, Jalan Gandawijaya, Jalan HMS Mintaredja, dan Jalan Dustira.

Kepala Bidang Lalu Lintas di Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengatakan, dalam penindakan tersebut pihaknya mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) 18 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perhubungan.

"Kami melaksanakan gakum itu nantinya akan rutin, paling tidak dalam satu bulan minimal dua minggu sekali," ujarnya saat dihubungi, Jumat (30/11/2018).

Selain sebagai efek jera, penegakan hukum juga, kata Endang, dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi bagi pengendara agar tidak parkir di sembarang tempat.

"Sebab parkir liar merupakan salah satu penyebab terjadinya kepadatan hingga kemacetan lalu lintas," kata Endang.

Ia mengatakan, kendaraan yang diparkirkan sembarangan itu bisa menghabiskan badan jalan, sehingga bisa mengganggu arus lalu lintas.

Menurutnya, agar di Kota Cimahi tidak semakin banyak area yang dijadikan lokasi parkir liar, pengelola tempat-tempat pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sebagainya harus menyediakan tempat parkir.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved