Dana Desa Diklaim Menurunkan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Selama Empat Tahun Terakhir

Selama empat tahun masa kepemimpinan Jokowi - JK, diklaim telah berhasil mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran dengan adanya program dana desa.

Dana Desa Diklaim Menurunkan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Selama Empat Tahun Terakhir
Tribun Jabar/Isep Heri
Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Nurdin (kiri), dan Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho seusai mengisi acara Sosialisasi Kepemimpinan Jokowi-JK selama 4 tahun bertemakan Pembangunan Kesejahteraan di Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Kamis (29/11/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Selama empat tahun masa kepemimpinan Jokowi - JK, diklaim telah berhasil mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di antaranya melalui adanya program dana desa.

Berdasarkan keterangan Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Nurdin hingga tahun keempat ini sudah mencapai sekitar Rp 187 triliun anggaran yang dikucurkan untuk dana desa.

"Tahun depan sekitar Rp 70 triliun berarti Rp 257 triliun. Impact dari dana desa mengurangi angka kemiskinan di desa-desa serta menurun tingkat pengangguran," kata Nurdin saat ditemui seusai mengisi acara Sosialisasi Kepemimpinan Jokowi-JK selama 4 tahun bertemakan Pembangunan Kesejahteraan di Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Kamis (29/11/2018) sore.

Melalui dana desa, lanjut Nurdin, sekitar 6 juta warga terserap dalam program padat karya dari adanya dana desa.

"Karena 30 persen dari dana desa itu diperintahkan untuk padat karya supaya orang-orang di desa bisa bekerja," lanjutnya.

Selain itu, menurutnya masih banyak indikator yang bisa dilihat dari keberhasilan gagasan yang dikeluarkan pemerintah selama empat tahun terakhir ini.

"Kami juga lihat angka-angka stunting jauh ada penurunan dan masih ada beberapa indikator yang lainnya, indikator yang paling umum dilihat dari jumlah desa yang tertinggal," jelas Nurdin.

Serunya Belajar Membatik Sambil Berwisata di Museum Trupark

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan Diangkat Jadi Pangkostrad

Dia memaparkan dari target 5 ribu desa yang dulu tertinggal terlampaui hingga sekitar 8 ribu desa yang telah terakomodir dana desa.

"Kemudian desa mandiri juga sudah terlampaui dari target 2 ribu. Akan ada loncatan penurunan angka-angka kemiskinan dan pengangguran di desa-desa terlebih diakumulasi dengan pembangunan sarana prasarana yang terus berlanjut," ucapnya.

Sementara itu, Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho yang juga hadir di Tasikmalaya, menambahkan selama empat tahun terakhir pemerintah tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur.

"Kami juga ingin sampaikan bahwa pembangunan yang dilakukan bukan hanya bendungan, jalan, bandara, artinya tidak hanya infrastruktur fisik yang kami bangun itu dari SDM nya yakni melalui dana desa," tambah Yanuar.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved