BNN RI Waspadai Peredaran Narkoba Jelang Tahun Baru, Nelayan Pun Cari Sampingan Bisnis Narkoba

Komjen Pol Drs Heru Winarko mengatakan, jajarannya mewaspadai peredaran narkoba menjelang pergantian tahun.

BNN RI Waspadai Peredaran Narkoba Jelang Tahun Baru, Nelayan Pun Cari Sampingan Bisnis Narkoba
istimewa
Acara Asistensi Penguatan Relawan Narkoba dalam Menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kota Bandung, Rabu (28/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Drs Heru Winarko mengatakan, jajarannya mewaspadai peredaran narkoba menjelang pergantian tahun.

Menjelang pergantian tahun, kata dia, biasanya peredaran narkoba di tanah air meningkat karena jaringan sindikat nasional maupun internasional memanfaatkan momen tersebut.

‘’Kita akan tingkatkan operasi. Kita ajak polisi, kita sharing," kata Komjen Pol Drs Heru Winarko kepada para wartawan seusai acara ‘Asistensi Penguatan Relawan Narkoba dalam Menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar)’ yang diselenggarakan BNN Kota Bandung, di Graha Bhayangkara, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Rabu (28/11/2018).

Menurut Komjen Pol Drs Heru Winarko, kondisi cuaca seperti ini (musim penghujan dan badai) di luar negeri membuat banyak nelayan atau pelaut tak melakukan aktivitas mencari ikan. Karena itu, banyak dari mereka (nelayan) memanfaatkannya dengan bisnis sampingan mengangkut narkoba.

‘’Karena kita lihat dari luar (luar negeri) juga winter banyak kapal-kapal yang tak bisa melaut. Kondisi itu dimanfaatkan untuk bisnis sampingan untuk ngangkut narkoba untuk diselundupkan ke Indonesia,’’ ujar jenderal bintang tiga ini.

Dalam pengarahannya kepada ratusan anggota TNI (Babinsa), Polri (Bhabinkamtibmas, dan lurah), Heru yang pernah menjadi Kapolsek Cicalengka, Kabupaten Bandung ini berpesan agar terus meningkatkan sinergi dalam memberantas peredaran narkoba di wilayahnya masing-masing.

Longsor di Purwakarta, Total 9 Korban, 4 Tewas 5 Luka Berat, Dua Korban Tewas Terkubur Selama 12 Jam

Sinergi personel Tiga Pilar (TNI,Polri, dan pemerintah daerah/kades atau lurah) ini diharapkan bisa mencegah peredaran dan pemberantasan narkoba yang sudah merambah wilayah perdesaan. ‘’Terus tingkatkan sinergitas Tiga Pilar dengan masyarakat relawan anti narkoba. Ini penting untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa,’’ katanya.

Menurut Heru, aparat Tiga Pilar bisa menangkap pelaku kejahatan narkoba yang beroperasi di wilayahnya. Hanya saja dalam penegakan hukum tersebut Tiga Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas, kades/lurah) harus berpegang pada aturan yang berlaku. ‘’Bisa menangkap pelaku jika ada barang bukti dan saksi. Kan itu tertangkap tangan,’’kata dia.

Kegiatan ‘Asistensi Penguatan Relawan Narkoba dalam Menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) tersebut dihadiri Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, Kepala BNN Provinsi Jabar, Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, dan perwakilan Pangdam III Siliwangi.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Tiga Pilar dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba serta penyerahan buku panduan Desa Bersinar yang diserahkan Kepala BNN RI kepada Wali Kota Bandung.

Penulis: Ichsan
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved