Mengintip Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman di Cirebon, Mitosnya Dibangun dalam Satu Malam

Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman di Blok Sitiging dipercaya masyarakat sekitar hanya didirikan dalam satu malam oleh pendirinya.

Mengintip Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman di Cirebon, Mitosnya Dibangun dalam Satu Malam
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman di Blok Sitiging, Kelurahan Pasalakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Masjid tersebut masuk dalam situs cagar budaya Dibudparpora Kabupaten Cirebon 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Bangunan modern dengan warna cat dominan berwarana putih tampak menghiasi Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman di Blok Sitiging, Kelurahan Pasalakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Masuk ke bagian dalamnya, ada tempat salat dengan dominasi warna cat putih.

Di depannya ada tiga pintu berukuran sekitar satu meter dengan bangunan sederhana.


Masuk ke dalamnya, ada sebuah bangunan berukuran 9 m × 11 meter dengan bangunan bata merah. Bangunan utama ini merupakan bangunan asli masjid yang didirikan pada abad ke-12 masehi.

Masjid tersebut dibangun oleh seorang ulama dari Bagdad bernama Syayid Abdul Rahman Al-Usmani. Saat itu, ia membuat padepokan sebelum membangun masjid.

"Dulu masjid ini sebelah timur dari kali, namun sekarang menjadi sebelah barat," kata juru kunci masjid, Sukendra (70), saat ditemui di Masjid Syayid Abdul Rahman Al-Usman, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, masjid tersebut hanya didirikan dalam satu malam oleh pendirinya.

Saat itu, suatu malam menjelang salat subuh, ada warga yang sedang membuang air besar di sungai pasalakan, namun asa warga lainnya yang hendak menunaikan Salat Subuh.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved