Doa Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang yang Diajarkan Rasulullah Muhammad SAW

Ada doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, ketika seorang Muslim mendapati hujan deras disertai angin kencang. Memohon agar hujan berkah.

Doa Ketika Hujan Deras Disertai Angin Kencang yang Diajarkan Rasulullah Muhammad SAW
TRIBUN JABAR/YONGKY YULIUS
Diguyur hujan deras disertai petir dan angin kencang, genangan air langsung muncul di kawasan Cicadas, Kota Bandung, Selasa (8/5/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Cuaca buruk hujan deras disertai angin kencang kerap melanda Kota Bandung.

Apalagi belakangan sudah memasuki musim penghujan. Maka, doa ketika hujan deras disertai angin kencang menjadi penting untuk diamalkan.

Ada doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, ketika seorang Muslim mendapati hujan deras disertai angin kencang.

Kisah Turunnya Hujan Lebat di Zaman Nabi Muhammad

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik, “Demi Allah, ketika itu kami sama sekali belum melihat mendung dan gumpalan awan di langit. Dan di antara kami dan gunung Sal’i tidak ada satu pun rumah."

"Kemudian tiba-tiba muncullah kumpulan mendung dari balik gunung tersebut. Mendung tersebut kemudian memenuhi langit, menyebar dan turunlah hujan. Demi Allah, setelah itu, kami pun tidak melihat matahari selama enam hari."

"Kemudian ketika Jum’at berikutnya, ada seorang laki-laki masuk melalui pintu Darul Qodho’ dan ketika itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang berdiri dan berkhutbah. Kemudian laki-laki tersebut berdiri dan menghadap beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia mengatakan, “Wahai Rasulullah, sekarang ternak kami malah banyak yang mati dan kami pun sulit melakukan perjalanan. Mohonlah pada Allah agar menghentikan hujan tersebut pada kami.”

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat kedua tangannya, lalu berdo’a,

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan”

Doa saat Hujan yang Dianjurkan Rasulullah, Agar Hujan Tak Berubah Jadi Longsor dan Banjir

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved