Eddy Soeparno Ajak Siswa Hormati Guru seperti Teladani Ulama

"Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Sebagai murid, kita wajib untuk mengormati mereka," kata Kang Eddy, sapaan karib Eddy Soeparno

Eddy Soeparno Ajak Siswa Hormati Guru seperti Teladani Ulama
Istimewa
Sekjen sekaligus calon anggota DPR RI dapil Jabar 3 nomor urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno (baju putih) bersilaturahmi dan berdiskusi bersama tokoh masyarakat. 

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, mengingatkan para murid untuk menghormati para guru.

Eddy Soeparno menilai, guru merupakan sosok yang wajib dihormati atas jasa-jasanya memberikan pendidikan kepada generasi-generasi penerus bangsa.

"Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Sebagai murid, kita wajib untuk mengormati mereka," kata Kang Eddy, sapaan karib Eddy Soeparno, Senin (26/11/2018).

Bukan tanpa sebab, Eddy mengingatkan generasi muda yang masih menuntut ilmu agar menghormati tenaga pengajar sehingga tindakan kekerasan terhadap guru seperti terjadi di pelbagai wilayah di Indonesia tidak terulang.

"Kita tentunya tidak ingin kejadian yang melibatkan kekerasan kepada guru terulang," ujar Eddy Soeparno.

Masih melekat dalam ingatan Kang Eddy, guru sebagai tenaga pengajar di sekolah merupakan orang tua kedua bagi anak-anak generasi penerus bangsa.

Dituntut 8 Tahun Penjara, Abubakar Minta Keringanan Hukuman karena Menderita Sakit Kanker Darah

5 Fakta Suku Sentinel, Sudah Ada dari 60 Ribu Tahun Lalu & Tolak Dunia Serta Teknologi Modern

Menurutnya, perilaku murid-murid saat ini sudah jauh dari adab ketimuran dan nilai-nilai islam.

"Muliakanlah para guru seperti tokoh-tokoh besar Islam memuliakan guru mereka," ujarnya.

Kang Eddy mengatakan, Al-Imam Baihaqi pernah meriwayatkan bahwa Umar Bin Khathab r.a pernah berkata tawadhulah kalian terhadap orang yang mengajari kalian.

Tidak hanya itu, imbuhnya, jika seorang guru keras dalam mengajar, maka patut bagi murid untuk bersabar seperti yang dikatakan oleh Al Imam As Syafi'i.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved