Ini Tanggapan Pemkot Tasikmalaya Mengenai Pohon Imitasi yang Dikritik Sejumlah Warga

Kepala Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya, Yono S Karso mengatakan tanaman imitasi tersebut sifatnya hanya sebagai dekorasi

Ini Tanggapan Pemkot Tasikmalaya Mengenai Pohon Imitasi yang Dikritik Sejumlah Warga
Tribun Jabar/Isep Heri
Pohon kelapa imitasi yang kini menghiasi median Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Jumat (23/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kehadiran pohon imitasi yang menghiasi median jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, mendapatkan tanggapan kurang positif dari sejumlah warga.

Menurut sejumlah warga keberadaan pohon imitasi yang berjumlah delapan tersebut, meski bermanfaat secara estetika namun aspek lingkungan kurang diperhatikan.

Selain itu warga juga mempertanyakan konsep yang dipertimbangkan dinas terkait terhadap hiasan median jalan itu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya, Yono S Karso mengatakan tanaman imitasi tersebut sifatnya hanya sebagai dekorasi penghias kota.

"Selain itu di median jalan itu kami tanami juga tanaman asli berupa 110 perdu pucuk merah kan," kata Yono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (24/11/2018).

Pemasangan pohon kelapa imitasi, lanjut Yono karena dalam perencanaan sudah disesuaikan dengab space median jalan yang ada.

"Median jalan itu, lebarnya sekitar 1,20 meter, kami kira cocok ditanami itu. Lagian jumlahnya hanya 8 buah dan tidak terlalu banyak di median jalan yang sepanjang 500 meter itu," jelasnya Yono.

Yono melanjutkan, adapun jika ditanami pohon asli semisal trembesi, space di median jalan tersebut tidak memungkinkan.

"Sebut saja trembesi itu kan tipe tanaman keras yang membutuhkan space luas. Jika dipaksakan ditanam dengan kondisi di tengah jalan seperti itu jistru membahayakan. Akarnya kemudian nanti menjalar bahkan mengangkat median jalannya," tutur Yono.

Halaman
123
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved