WPLH Gugat SK dari KLHK, PTUN Gelar Sidang di Lokasi Gugatan di Purwakarta

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah menggelar sidang pemeriksaan pada fasilitas pengelolaan limbah B3 milik PT South Pacific Viscose

WPLH Gugat SK dari KLHK, PTUN Gelar Sidang di Lokasi Gugatan di Purwakarta
tribunjabar/haryanto
Sidang di tempat di Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah menggelar sidang pemeriksaan pada fasilitas pengelolaan limbah B3 milik PT South Pacific Viscose (SPV) di Desa Cicadas dan Cilangkap Babakancikao, Purwakarta.

Sidang di tempat itu terkait gugatan Wahana Pemerhati Lingkungan Hidup (WPLH) atas SK pengelolaan limbah B3 PT. SPV yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Teddy M Hartawan selaku penggugat sekaligus Ketua WPLH mengatakan, persidangan gugatan PTUN ini telah berjalan beberapa kali.

"Hari ini melakukan pemeriksaan ke lokasi yang dihadiri oleh tergugat KLHK dan dari pihak SPV, serta kami dari penggugat. Termasuk kuasa hukum dan saksi dari warga setempat, Mugni yang mendampingi," kata Teddy saat ditemui seusai persidangan, Jumat (23/11/2018) siang.

Menurut Teddy, pada sidang kali ini hakim hanya mendengarkan keterangan saksi fakta dari tergugat. Selain itu juga ada pula intervensi, namun begitu bisa berjalan dengan baik, lancar dan semua dalam koridor.

Ia pun menyebut usai sidang di tempat sekaligus melihat langsung kondisi lapangan. PTUN akan mengagendakan keterangan dari saksi ahli, baik dari tergugat maupun penggugat di PTUN Jakarta.

Jonru Ginting Bebas Bersyarat Terhitung Hari Ini

Teddy mengaku pada sidang di lapangan ditemukan hal yang menarik. Dia menyebut menemukan adanya dugaan tindak pidana lingkungan hidup yang dilakukan PT SPV.

"Diduga ada timbunan limbah B3, nanti kami akan koordinasi dengan Mabes Polri untuk tindaklanjuti diduga adanya tindak pidana penimbunan limbah B3," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Head of Corporate Affairs PT. SPV, Widi Nugroho Sahib mengatakan KLHK memang telah mengeluarkan izin pemanfaatan limbah B3 oleh pihaknya.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved