Pilpres 2019

Kepala Studi Politik dan Demokrasi Unpad: Mahasiswa Berperan Penting dalam Pilpres 2019

Ari Ganjar Herdiansyah, menyebutkan, mahasiswa memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif 2019.

Kepala Studi Politik dan Demokrasi Unpad: Mahasiswa Berperan Penting dalam Pilpres 2019
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kepala Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjajaran (Unpad), Ari Ganjar Herdiansyah (kiri). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjajaran (Unpad), Ari Ganjar Herdiansyah, menyebutkan, mahasiswa memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif 2019 mendatang.

Dalam menghadapi tahun politik ini, mahasiswa yang memiliki kapasitas intelektual tinggi, dituntut menjadi garda depan untuk melindungi dan memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai demokrasi.

"Mahasiswa harus memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk melaksanakan demokrasi dengan sebaik-baiknya," kata Ari Ganjar Herdiansyah saat mengisi diskusi bertajuk 'Partisipasi Generasi Muda dalam Membentuk Masyarakat Pemilih yang Cerdas dan Dewasa' dalam berpolitik di Gedung Fisip Unpad, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (22/11/2018).

Di tahun politik ini, katanya, dirasa sangat menguras pikiran dan tenaga masyarakat, sehingga tak jarang sejumlah konflik terjadi dimasyarakat akibat beda pandangan dalam politik.

Cerita Mahasiswa UPI yang Meraih Juara 3 pada Kontes Robot Terbang Indonesia

Ia menambahkan, ketika mahasiswa terdepan mengawal jalannya pesta demokrasi secara substantif, maka masyarakat akan mendapatkan informasi sesuai fakta dan menghindari berita hoaks.

"Nanti masyarakat akan menjadi cerdas dalam berpolitik," kata Ari Ganjar Herdiansyah.

Selain itu, peran organisasi mahasiswa pun, memiliki peran penting dalam jalan pesta demokrasi, yaitu sebagai penopang suara masyarakat.

Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan, organisasi masyarakat jangan sampai dibajak oleh elite politik, sehingga ditakutkan nantinya akan menggiring masyarakat hanya kepada salah satu pilihan subjektif.

"Harus memberikan komunikasi yang baik kepada masyarakat, jangan memberikan dan pandangan berpolitik secara berpihak," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved