Waspadai Pengaruh ASN, Bawaslu Jadikan Pegawai Negeri Sebagai Objek Pengawasan

Ia mengatakan secara gamblang di hadapan para kepala desa, camat, dan kepala dinas mengenai sanksi yang menunggu apabila ASN terbukti melanggar.

Waspadai Pengaruh ASN, Bawaslu Jadikan Pegawai Negeri Sebagai Objek Pengawasan
Tribun Jabar/ Ferri Amiril
sosialisasi netralitas ASN di Sahid Eminence Hotel, Senin (19/11/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Anggota Bawaslu Jabar, Lolly Suhenti S Sos, tetap meminta aparatur sipil negara menggunakan kewenangannya sesuai dengan aturan pemilu yakni netral.

Pihaknya mewaspadai pengaruh ASN karena merupakan pelayan publik dan mempunyai kekuatan yang rentan disalahgunakan.

"Sampai saat ini di Jawa Barat belum ada laporan pelanggaran terkait netralitas ASN, namun demikian berkaca pada pilkada lalu, kami tetap meminta ASN untuk netral dan tak melakukan hal negatif politik lainnya agar tak muncul menjadi kasus yang besar," ujar Lolly saat sosialisasi netralitas ASN di Sahid Eminence Hotel, Senin (19/11/2018).


Menurutnya, ASN punya kekuatan besar untuk mempengaruhi masyarakat terkait layanan publik. Maka dari itu, kata Lolly, ASN menjadi objek pengawasan Bawaslu.

"Tadi saya hanya memberi pengantar besar, mengenai macam dan bentuk pelanggaran ASN beragam, misal ada intimidasi politik dari atasan, makanya kami sosialisasi terus menerus," kata Lolly.

Ia mengatakan secara gamblang di hadapan para kepala desa, camat, dan kepala dinas mengenai sanksi yang menunggu apabila ASN terbukti melakukan pelanggaran politik.

Nekat Panjat Tiang Bendera untuk Perbaiki Tali saat Upacara Berlangsung, Bocah SD Ini Dapat Hadiah

"Sanksi pidananya ada di pasal 280 jika dianggap tak netral maka Bawaslu akan melakukan proses, proses selanjutnya merekomendasi kepada kementerian aparatur sipil negara untuk melakukan eksekusi hukumannya," kata Lolly.

Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Zawari, mengatakan, bentuk materi yang diberikan Bawaslu bersifat mengingatkan ASN agar netral dan berpegang kepada aturan dalam berpolitik.

"Jika ASN tak netral akan berdampak banyak kepada warga lainnya karena sebagai pelayan publik, maka dari itu kami mengingatkan kepala desa, camat, dan dinas terkait lainnya," kata Usep.

5 Peristiwa Penting di Bulan Rabiul Awal, Nabi Muhammad SAW Dilahirkan Hingga Perintah Salat Jumat

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved