Jarang Diketahui, Ini Dia Potensi Bambu untuk Industri Kreatif

Pendiri Perpubi, Dede Sujana mengatakan jika Indonesia memiliki 160 jenis bambu yang berbeda, dan ada 1.500 jenis bambu di dunia.

Jarang Diketahui, Ini Dia Potensi Bambu untuk Industri Kreatif
Tribun Jabar/ Putri Puspita
Panitia Pelaksana Bambu Is Wonderful, Dudi Darma Bakti (baju hitam) dan Pendiri Perpubi, Dede Sujana (kemeja kotak-kotak) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tak banyak masyarakat Indonesia yang tahu bahwa pohon bambu memiliki manfaat untuk menjaga lingkungan.

Padahal, potensi bambu di Indonesia cukup tinggi dengan peringkat pengekspor ketiga di dunia, setelah India dan Tiongkok.

Melihat banyaknya manfaat bambu, organisasi Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (Perpubi) semakin gencar untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

Pendiri Perpubi, Dede Sujana mengatakan jika Indonesia memiliki 160 jenis bambu yang berbeda, dan ada 1.500 jenis bambu di dunia.

"Di Jawa Barat ada 40 jenis bambu, jenis yang paling dikenal adalah bambu tali, gombong, betung, dan haur," ujar Dede di Kampung Bambu, Jalan Padasuka Km 4, Cimenyan, Bandung, Senin (19/11/2018).

Peringati Hari Bambu Nasional Lewat Bambu Is Wonderful

Populasi bambu yang paling banyak di Jawa Barat berada di daerah selatan seperti Sukabumi, Pangandaran, dan Sumedang.

Organisasi pelaku usaha bambu yang berada di seluruh Indonesia ini baru terbentuk pada 2018 yang berfungsi untuk mewadahi pelaku usaha bambu.

Perpubi memiliki bidang masing-masing untuk memperkenalkan masyarakat tentang bambu, diantaranya sebagai pusat informatif, edukasi wawasan, promosi produk, standarisasi pemerintah, dan advokasi.

"Bambu itu tak hanya sekedar tanaman yang kaya manfaat untuk lingkungan. Bambu juga bisa dikembangkan menjadi produk kreatif," ujar Dede.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved