Risiko Perkawinan Sekerabat atau Perkawinan Antar-Saudara Dekat

Secara historis, perkawinan sekerabat dilakukan untuk mempertahankan sifat-sifat dalam garis darah.

Risiko Perkawinan Sekerabat atau Perkawinan Antar-Saudara Dekat
miraclebaby.co.uk
Ilustrasi bayi. 

TRIBUNJABAR.ID- Perkawinan sekerabat sering kali digambarkan sebagai sesuatu yang mengerikan.

Dalam stereotipe Hollywood misalnya, orang yang dilahirkan dari perkawinan sekerabat digambarkan sebagai individu dengan gangguan mental dan cacat fisik.

Perkawinan sekerabat (inbreeding) adalah perkawinan organisme yang terkait erat dalam kekerabatan. Dengan kata lain, perkawinanan ini diartikan ketika seseorang menikah dengan saudara dekat semisal sepupu.

Bentuk pernikahan kerabat ini bertentangan dengan tujuan biologis dari perkawinan, yaitu pencampuran DNA. Untuk diketahui, DNA manusia dibundel menjadi 23 pasang kromosom.

Di dalam setiap kromosom ada ratusan ribu gen dan terlebih lagi, setiap gen memiliki dua salinan yang dikenal sebagai alel.

Gen menentukan berbagai aspek penampilan Anda, seperti warna rambut dan mata, serta faktor biologis seperti golongan darah Anda.

Thalasya Tak Mau Identitas Aslinya Diusik dan Ditebak, Komentar Nyinyir Akan Diblock

Ingat, Minum Air Terlalu Banyak Ternyata Bahaya untuk Tubuh dan Otak

Gen-gen ini terbagi dalam dua kategori, dominan dan resesif. Jika salah satu gen dominan, maka hasilnya adalah Anda mendapatkan sifat gen itu. Namun, untuk sifat-sifat yang berasal dari gen resesif, Anda perlu kedua gen menjadi resesif.

Sebagai contoh, gen untuk mata coklat adalah dominan. Dengan demikian, punya satu gen ini akan membuat mata Anda menjadi coklat. Namun, gen untuk mata biru bersifat resesif sehingga Anda perlu dua gen untuk mendapatkan mata biru.

Menurut Sains Dominan dan resesif menjadi penting karena cacat bawaan dan penyakit genetik tertentu, seperti cystic fibrosis, yang dibawa oleh alel resesif.

Makin Berisiko

Halaman
1234
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved