Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Kembali Digelar di Politeknik Negeri Bandung, 24 Tim Ikut Serta

Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) kembali digelar di Politeknik Negeri Bandung (Polban), Sabtu (17/11/2018).

Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Kembali Digelar di Politeknik Negeri Bandung, 24 Tim Ikut Serta
tribunjabar/hilda rubiah
Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) kembali digelar di Politeknik Negeri Bandung (Polban), Sabtu (17/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) kembali digelar di Politeknik Negeri Bandung (Polban), Sabtu (17/11/2018).

Direktur III Politeknik Negeri Bandung, Angki Apriliandi Rachmat mengatakan, kompetisi mobil listrik yang digelar setiap tahunnya itu selalu disambut antusias mahasiswa untuk mempertunjukkan kreasinya dalam dunia teknologi listrik.

"Kompetisi Mobil Listrik Indonesia yang dilaksanakan ke-10 ini meningkat, sehingga diikuti oleh 24 peserta dan tim dari perguruan tinggi se-Indonesia," ujar Angki Apriliandi Rachmat saat ditemui Tribun Jabar di Kampus Polban, Jalan Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (17/11/2018).

Sebelumnya, Kompetisi Mobil Listrik Indonesia merupakan gelaran sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di bidang industri teknologi transportasi dan energi terbarukan serta sebagai aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan.

Kisah Fawaz Salim, Kuliah Sempat Tertunda, Kini Sukses Ciptakan Mobil Kayu Seharga Rp 250 Juta

Kegiatan tersebut mengangkat tema 'Mobil Listrik sebagai kendaraan efisien, ekonomi, aman serta ramah lingkungan'.

Berkenaan dengan perkembangan isu EfSD (Education for Sustainable Development) atau pembangunan lingkungan bersih yang berkelanjutan.

Adapun Kompetisi Mobil Listrik Indonesia kali ini memperlombakan 6 kategori utama, yaitu daya tarik mobil, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan, dan efisiensi.

Selain itu juga ada kategori tambahan penghargaan bagi peserta, di antaranya penghargaan poster dan presentasi terbaik, pengemudi mobil terbaik, tim terbaik, mobil dengan desain dan teknologi terbaik, dan rancangan konstruksi terbaik.

Berawal dari Skripsi, 3 Mahasiswa Unpad Ini Sukses Kembangkan Biji Jelai Jadi Brownies Kukus

Adapun kegiatan KMLI lainnya di luar perlombaan juga terdapat pameran kendaraan listrik kreasi dari komunitas mobil listrik, sesi sharing desainer mobil listrik V8VADI (Institut Teknologi Nasional), Amirul Nefo dan Ricky Elson.

KMLI ini juga didukung Kemenristekdikti, staf ahli menteri bidang infrastruktur, direktur kemahasiswan direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, dan komunitas kendaraan listrik (Kosmik).

Pihaknya berharap kompetisi mobil listrik Indonesia tersebut dapat terus berlanjut, dan semakin banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan seperti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia tersebut.

Demikian pula dapat memotivasi generasi muda lainnya untuk membuat karya dan diuji coba dengan benar dan dikembangkan lagi.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved