Ingin Sembuh dari Penyakit TB, Ini Tipsnya, Dukungan Keluarga Juga Penting

Masyarakat yang mengidap penyakit tubercolosis (TB) tak perlu malu untuk berobat. Mereka juga perlu dukungan keluarga.

Ingin Sembuh dari Penyakit TB, Ini Tipsnya, Dukungan Keluarga Juga Penting
Tribun Jabar/Tiah SM
Lima pasien TB yang bisa sembuh dengan berobat dan dukungan keluarga. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM ) Kota Bandung memperingati Hari Kesehatan Nasional, di Jalan Cibadak, Sabtu (17/11/2018).

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengambil tema, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita. Panitia menggelar lomba senam cuci tangan dan seminar kesehatan tentang Mempercepat Pencapaian Eliminasi Tuberkulosis (TB) pada 2030.

Kepala BBKPM Kota Bandung, drg Maya Marinda Montain MKes, mengajak kepada warga untuk hidup sehat
dengan meningkatkan komitmen bersama. Maya mengatakan, penyakit TB mudah menular sehingga harus cepat berobat dan mendapat perhatian keluarga.

"Pemerintah saat ini sedang berusaha menuju Indonesia bebas tuberkulosis, " ujar Maya.

Menurut Maya, masyarakat harus waspada jika sering batuk-batuk tapi tak kunjung sembuh. Mungkin itu bukan batuk biasa, karena bisa jadi itu gejala TB.

Maya mengatakan, jumlah penderita tuberkulosis terus bertambah. Penyakit menular ini merupakan infeksi serius yang memengaruhi paru-paru seseorang. Bakteri yang menyebabkan TB bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil yang dilepaskan ke udara melalui batuk dan bersin. Jika TB tak diobati hingga tuntas bisa berakibat fatal.

Dalam kesempatan itu, ditampilkan lima pasien TB yang sudah sembuh total walau harus berjuang cukup panjang dan butuh dukungan keluarga.

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

Dua pembicara yang membahas TB, dr Temma S Tadi Pakki dan Miriansyah SKm berharap penderita TB tidak malu untuk berobat. Justru dengan tidak berobat akan menularkan kepada keluarga.

Menurut Temma, TB disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis, kuman yang ditularkan melalui udara dan dari satu orang ke orang lain. Kadang-kadang, bakteri menyebar ke organ lain dan bisa menyebabkan meningitis.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved