Tingkatkan SDM, Ikopin Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru

Tujuan kerjasama antara Ikopin dengan Pemerintah Kepulauan Aru, untuk memberdayakan SDM untuk mampu meningkatkan ekonomi, melalui pendidikan tinggi

Tingkatkan SDM, Ikopin Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Wakil Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani (kiri) dan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, seusai menandatangani nota kesepahaman di Gedung Bustanul Arifin Kampus Ikopin, Jalan Bandung - Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/11/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, dalam bidang pendidikan, Jumat (16/11/2018).

Bertempat di Gedung Bustanul Arifin Kampus Ikopin, Jalan Bandung-Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh, Wakil Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani dan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga.

Yuanita mengatakan, tujuan kerjasama antara Ikopin dengan Pemerintah Kepulauan Aru, ini adalah untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) untuk mampu meningkatkan ekonomi, melalui pendidikan tinggi.


"Kalau kerjasama dengan Kepulauan Aru dapat direalisasikan, berarti wujud dari memberdayakan masyarakat dibidang ekonomis kemasyarakakatan, telah dilakukan," kata Yuanita seusai penandatangan nota kesepahaman di Kampus Ikopin, Jumat (16/11/2018).

Terkait program yang akan diberikan pihak Ikopin kepada Kabupaten Kepulauan Aru, yakni pendidikan tinggi selama empat tahun dan program penguatan kepada mahasiswa dengan sejumlah praktik lapangan.

Tak hanya itu, kata Yuanita, calon mahasiswa dari Kabupaten Kepulauan Aru pun, nantinya akan diberikan sejumlah pengalaman dalam berorganisasi, melalui sejumlah kegiatan unit kegiatan mahasiswa (UKM).

"Mendidik mahasiswa tidak boleh hanya teori saja, nanti mereka tidak akan dapat apa - apa. Kelebihan mahasiswa Ikopin ini digembleng pula diorganisasi," kata Yuanita.

Kepala Desa Bisa Minta Bantuan Pemprov Jabar untuk Tangani Bencana, Anggarannya Sampai Rp 50 Miliar

Melalui kerjsama ini, ia berharap, Ikopin dan Kabupaten Kepulauan Aru, dapat terus bersinergi, yang mana, keduanya akan saling membutuhkan untuk pencapaian lebih baik.

"Kerjasama yang baik adalah kalau kedua belah pihak mendapatkan manfaat," katanya.

Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, mengatakan, kerjasama tersebut adalah tujuan dari pemerintah daerah, muntuk meningkatkan SDM di Kabupaten Kepulauan Aru, salah satunya mengirim sejumlah orang untuk mengeyam pendidikan tinggi di Ikopin.

Ia melanjutkan, untuk calon mahasiswa yang akan mengenyam pendidikan tinggi di Ikopin, terlebih dahulu harus mengikuti seleksi oleh pemerintah daerah.

"Ini akan mulai berjalan pada tahun 2019 di awal tahun ajaran, jumlahnya belum dipastikan dan semua biaya ditanggung pemerintah," katanya.

Agung Mulyadi Tertantang Jawab Kepercayaan Mario Gomez di Laga PSIS Semarang vs Persib Bandung

Hasil Korupsi Dana Hibah Bansos Pemkab Tasikmalaya Dibagi-bagi, Sekda Kantongi Rp 1,4 Miliar

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved