Selain Gandeng Ikopin, Pemkab Kepulauan Aru Juga Jalin Kerjasama dengan Beberapa Universitas Ternama

Salah satu penyebab tidak dilirik SDA oleh penduduk sekitar, kata Johan, karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mampu mengelola.

Selain Gandeng Ikopin, Pemkab Kepulauan Aru Juga Jalin Kerjasama dengan Beberapa Universitas Ternama
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Wakil Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani (kiri) dan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, seusai menandatangani nota kesepahaman di Gedung Bustanul Arifin Kampus Ikopin, Jalan Bandung - Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/11/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bupati Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Johan Gonga, menyebutkan, untuk berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), pemerintah beberapa kali menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta.

Guna berupaya meningkatkan SDM, beberapa tahun lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dan mengirimkan 40 orang dari hasil seleksi.

Kemudian, 80 orang lainnya yang merupakan warga Kepulauan Aru pun, melanjutkan pendidikan tinggi di Akamigas serta Universitas Airlangga, masing-masing kampus sebanyak 40 orang.


"Nanti di 2019, kami pun bekerjasama dengan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin). Setelah mereka lulus, mereka harus mengabdi untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Aru,"kata Johan seusai penandatangan nota kesepahaman dengan Ikopin di Kampus Ikopin, Jalan Bandung-Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/11/2018).

Johan mengatakan, daerah Kabupaten Kepulauan Aru memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah, namun dibiarkan begitu saja karena sebagian besar penduduk di kabupaten tersebut lebih tertarik bekerja di perusahaan asing.

Salah satu penyebab tidak dilirik SDA oleh penduduk sekitar, kata Johan, karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mampu mengelola, sehingga ekonomi masyarakat masih terbilang sulit mengalami peningkatan.

"Diharapkan dapat meningkatkan mutu SDM agar dapat mengembangkan SDA yang melimpah," kata Johan.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani, mengatakan, tujuan kerjasama antara Ikopin dengan Pemerintah Kepulauan Aru, ini adalah untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) untuk mampu meningkatkan ekonomi, melalui pendidikan tinggi.

Mengaku Kekurangan Dana Kampanye, Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga di Jabar Tunggu Kebijakan Pusat

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved