Kasus Korupsi Dana Hibah Bansos Disebut Asep sebagai Momen Pemkab Tasikmalaya Untuk Bersih-bersih

Pengamat sosial dan politik, Asep M Tamam, harapan masyarakat selama ini dugaan kasus korupsi di Kabupaten Tasikmalaya bisa ditangani serius

Kasus Korupsi Dana Hibah Bansos Disebut Asep sebagai Momen Pemkab Tasikmalaya Untuk Bersih-bersih
ISTIMEWA/inkphy.com@aseptamam
Asep M Tamam 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Polda Jabar secara resmi menetapkan sembilan tersangka dalam dugaan kasus korupsi Bansos dan Hibah Pemkab Tasikmalaya tahun anggaran 2017, Jumat (16/11/2018).

Dari sembilan tersangka, satu di antaranya merupakan pejabat teras pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, yakni Sekretaris Daerah, Abdul Kodir.

Sementara untuk delapan tersangka lainnya yakni, Maman Jamaludin selaku Kabag Kesra, Ade Ruswandi selaku Sekretaris DPKAD, Endin selaku Irban Inspektorat, Alam Rahadian dan Eka Ariansyah selaku staf Bagian Kesra.

Selain itu Polda Jabar juga menetapkan tiga orang dari unsur swasta sebagai tersangka, yakni Lia Sri Mulyani, Mulyana, dan Setiawan.

Polda Jabar menetapkan sembilan tersangka yang merupakan ASN Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan tiga orang sipil dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 3,9 miliar tersebut.

Pada penyaluran dana hibah tersebut dilaporkan terdapat ada praktik sunat terhadap nominal yang diterima para penerima hibah.

Berdasarkan penelusuran Tribun Jabar, dana bantuan hibah yang berjumlah variatif mulai Rp 100 juta hingga Rp 250 juta, itu disunat sejumlah pihak hingga 90 persen.

Artinya sejumlah penerima hanya mendapatkan dana hibah sebesar 10 persen dari yang seharusnya.

Ditetapkannya sejumlah oknum pejabat di Kabupaten Tasikmalaya termasuk Sekretaris daerah sebagai tersangka dalam kasus tersebut dianggap pengamat sebagai angin segar yang akan mengembalikan optimisme masyarakat terhadap kinerja penegak hukum.

Halaman
123
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved