Angka Kemiskinan Tinggi, Kabupaten Kepulauan Aru Bekerjasama dengan Ikopin untuk Tingkatkan SDM

Bupati Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Johan Gonga, menyebutkan, angka kemiskinan di kabupaten yang dipimpinnya masih terbilang cukup tinggi.

Angka Kemiskinan Tinggi, Kabupaten Kepulauan Aru Bekerjasama dengan Ikopin untuk Tingkatkan SDM
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Wakil Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani (kiri) dan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, seusai menandatangani nota kesepahaman di Gedung Bustanul Arifin Kampus Ikopin, Jalan Bandung - Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bupati Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Johan Gonga, menyebutkan, angka kemiskinan di kabupaten yang dipimpinnya masih terbilang cukup tinggi, yaitu berada di angka 28 persen.

Kondisi itu membuat perlu dilakukannya upaya peningkatan SDM, satu di antaranya melalui kerjasama dengan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) Jatinangor.

Johan Gonga bercerita, dari 171 desa di Kabupaten Kepulauan Aru, 138 desa merupakan desa tertinggal, sedangkan 33 desa lainnya berubah menjadi desa berkembang dan ditetapkan pada 2017.

"Akibatnya angka kemiskinan yang makin tinggi ini, jumlah pengangguran pun sama - sama tinggi, yakni berada di angka 27,13 persen," kata Johan Gonga seusai penandatangan nota kesepahaman dengan Ikopin di Kampus Ikopin, Jalan Bandung - Cirebon, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/11/2018).

Prediksi Cuaca di Wilayah Kabupaten Sumedang Hari Ini

Johan mengatakan, daerah Kabupaten Kepulauan Aru memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah, namun dibiarkan begitu saja karena sebagian besar penduduk di kabupaten tersebut lebih tertarik bekerja di perusahaan asing.

Satu di antara beberapa penyebab tidak dilirik SDA oleh penduduk sekitar, kata Johan, karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mampu mengelola, sehingga ekonomi masyarakat masih terbilang sulit mengalami peningkatan.

"Bekerjasama dengan Ikopin, kami akan mengirim sejumlah orang untuk berkuliah di kampus Ikopin pada 2019. Diharapkan dapat meningkatkan mutu SDM agar dapat mengembangkan SDA yang melimpah," kata Johan Gonga.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Ikopin, Yuanita Indriani, mengatakan, tujuan kerjasama antara Ikopin dengan Pemerintah Kepulauan Aru ini adalah untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) untuk mampu meningkatkan ekonomi, melalui pendidikan tinggi.

"Kalau kerjasama dengan Kepulauan Aru dapat direalisasikan, berarti wujud dari memberdayakan masyarakat dibidang ekonomi kemasyarakakatan, sukses dilakukan," kata Yuanita di lokasi yang sama.

Selain Gandeng Ikopin, Pemkab Kepulauan Aru Juga Jalin Kerjasama dengan Beberapa Universitas Ternama

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved