RSGM Gelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Masyarakat Bisa Periksa Gigi Gratis

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional di RSGM, Jalan Sekeloa Selatan, 14 sampai 16 November.

RSGM Gelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Masyarakat Bisa Periksa Gigi Gratis
Tribun Jabar/Resi Siti Jubaedah
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).

Bulan Kesehatan Gigi Nasional digelar di RSGM Unpad, tepatnya di Jalan Sekeloa Selalatan I, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, pada 14-16 November 2018.

 "Jadikan ada Tridharma perguruan tinggi, ada penelitian, pendidikan, dan pengabdian. Ini adalah pilar pengabdian kepada masyarakat, untuk dosen berpartisipasi, termasuk mahasiswanya. Jadi semuanya berpartisipasi pada pengabdian masyarakat," ujar ketua pelaksana BKGN 2018, drg Yuti Malinda MM MKes, saat ditemui Tribun Jabar di Jalan Sekeloa Selalatan I, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Kamis (15/11/2018).

Pada gelaran ini, RSGM memberikan perawatan gigi ringan secara gratis pada masyarakat umum.

Perawatan tersebut diantaranya penambalan sederhana, pembersihan karang gigi, pencabutan sederhana, rontgen gigi, percetakan ortodontik dan prostodontik, serta perawatan penyakit mulut sederhana.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). (Tribun Jabar/Resi Siti Jubaedah)

Selain itu, pasien yang terdaftar dan hadir akan diberikan edukasi tata cara menyikat gigi yang benar dan melakukan praktik sikat gigi secara langsung.

Dengan mempraktikannya langsung diharapkan akan lebih mudah dan cepat diingat.

Tujuan digelarnya acara tersebut untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut.

Menurut penelitian Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), kesehatan gigi penduduk di Indonesia masih kecil, karena itu perlu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perawatan gigi yang baik.

Sudah sekitar 700 lebih pasien mendaftar dan ditangani pada gelaran BKGN. Targetnya bisa mencapai 1000. Jumlah dokter gigi yang menangani sekitar 335 dokter.

Gelaran ini merupakan kerja sama antara Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosisasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOGI), dan Unilever.

Yuti Malinda berharap pengetahuan masyarakat meningkat, khususnya di Bandung, sehingga derajat kesehatan gigi masyarakat bisa naik.

"Karena memang sakit gigi masyarakat di nomor duakan. Diharakan dengan adanya edukasi-edukasi ini tidak menunda lagi, karena semakin parah semakin kompleks juga," ucap drg Yuti Malinda.

Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved