Pemilu Legislatif 2019

Peduli Kearifan Lokal Bogor, Eddy Soeparno Ingin Lestarikan Kujang

Sekjen PAN yang calon anggota DPR RI Dapil Jabar III Eddy Soeparno menyambangi pusat kebudayaan Kota Bogor Galeri Kujang Pajajaran bersama pegiat seni

Peduli Kearifan Lokal Bogor, Eddy Soeparno Ingin Lestarikan Kujang
ISTIMEWA
Sekretaris Jenderal PAN yang juga calon anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III, Eddy Soeparno bersama pelaku seni Bogor, Rabu (14/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN sekaligus calon anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Eddy Soeparno menyambangi salah satu pusat kebudayaan Kota Bogor Galeri Kujang Pajajaran bersama para pegiat seni.

Eddy Soeparno berkomitmen untuk menjaga kearifan lokal yang dimiliki oleh kota hujan tersebut.

"Kearifan lokal kita termasuk Kujang perlu diperhatikan agar tidak tergerus oleh zaman. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk melestarikan budaya kita," ungkap Eddy Soeparno, Rabu (14/11/2018).

Kang Eddy, sapaan akrabnya, menilai Kujang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran.

Kujang juga dinilai merepresentasikan sifat warga Jawa Barat.

"Kujang melambangkan kekuatan untuk melindungi hak dan kebenaran yang tercermin di warga tanah Pasundan secara umum," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan sudah menjadi ciri khas Kujang, baik sebagai senjata, perlambangan, hiasan, ataupun cindera mata.

Wanita Muda Kaya Asal Inggris Ini Buka Pendaftaran untuk Mencari Pacar dan Berhadiah Rp 1 Miliar

Eddy Soeparno Minta Pekerja Lokal Curi Ilmu dari Pekerja Asing

Eddy Soeparno Siap Advokasi Pedagang Pasar Tradisional di DPR RI

Kujang menggambarkan senjata kasta-kasta tertinggi kerajaan Pasundan dan memiliki akar pada budaya masyarakat Sunda.

Eddy mengutarakan nilai-nilai luhur yang teriandung di dalam kujang harus dijaga dan diteruskan kepada generasi penerus.

"Kujang juga melekat sebagai representasi semangat luhur para pendahulu di tanah Pasundan dengan kandungan nilai-nilai luhur yang sangat wajib kita jaga," ujar politisi PAN Eddy Soeparno.

Berdasarkan hal tersebut, Eddy bertekad jika diberikan amanah dan kepercayaan oleh masyarakat untuk menjadi wakil rakyat di Senayan dalam kontestasi politik Pemilu Legislatif 2019 nanti, pelestarian kearifan lokal akan masuk sebagai agendanya dalam memperjuangkan kepentingan umat dan rakyat.

"Tentu saja, sudah menjadi kewajiban saya jika dipercaya oleh masyarakat untuk memperjuangkan kepentingan umat dan rakyat apalagi kearifan lokal kita yang penuh makna dan nilai-nilai luhur," tutup calon anggota DPR RI Dapil Jabar III dari PAN, Eddy Soeparno. (*)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved