Bekerjasama dengan UiTM Malaysia, UIN Bandung Gelar Seminar Internasional Soal Ekonomi Syariah

Bekerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar seminar.

Bekerjasama dengan UiTM Malaysia, UIN Bandung Gelar Seminar Internasional Soal Ekonomi Syariah
Tribun Jabar/ Hilda Rubiah
Bekerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar seminar internasional di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor Sumedang, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, JATINANGOR - Bekerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar seminar internasional di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor Sumedang, Rabu (14/11/2018).

Seminar tersebut mengangkat tema besar tentang "Memperkuat Ketahanan Lembaga Ekonomi dan Bisnis Syariah, Industri Halal, Pilantropi Islam, dan Pranata Hukum Islam di kawasan Asia Tenggara".

Kegiatan yang digelar dua sesi tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, tiga di antaranya merupakan akademisi UiTM Mara Malaysia, yakni Prof Dr Mohammad Rahimi Osman, Prof Dr Huzaimah Ismail, dan Prof Dr Ezani Yaakub.

Adapun lima orang di antaranya merupakan representasi dari Indonesia yakni Kepala BPJPH, Prof Ir Sukoso; Kepala OJK Wilayah Jawa Barat, Sarwono; Dr Ahmad Hambali; FSH UIN SGD Bandung Dr H Atang Abdul Hakim, FSH UIN SGD Bandung Dr Ahmad Hasan Ridwan; serta Mr Muhammad Kasibudi dari Yala Rajabhat University, Thailand.

Mahasiswa UIN Bandung Olah Daun Bambu Jadi Camilan, Diklaim Bagus Buat Kesehatan

Sebagai bagian dari rangkaian utama upacara pembukaan seminar internasional tersebut, dilangsungkan juga penandatangan nota kesepahaman kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) antara UIN Bandung oleh Rektor UIN Bandung, Prof Dr Mahmud dengan Dekan Akademi Pengajian Islam UiTM Mara Malaysia, Prof Dr Mohammad Rahimi Osman selaku dan Kepala BPJPH Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Ir Sukoso.

Dalam sambutannya, Mahmud menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, tema yang diangkat representatif dengan kebutuhan dan realitas eksistensi bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan ASEAN yang tengah memasuki era baru dalam hubungan integrasi perekonomian dan perdagangan dalam bentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sementara itu Dekan FSH UIN Bandung, Dr Ah Fathonih mengatakan, kegiatan seminar internasional tersebut merupakan momentum yang sangat tepat bagi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Indonesia bersama UiTM Mara Malaysia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk terus melanjutkan dan memperkuat kerjasama yang lebih luas dalam rangka merespon sejumlah tantangan di masa depan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved