Sekda Jabar: Kemiskinan di Jawa Barat Turun Jadi 7,8 Persen

Sekda Jabar, Iwa Karniwa, mengklaim jumlah penduduk miskin di seluruh wilayah Jawa Barat kian menurun setiap tahun

Sekda Jabar: Kemiskinan di Jawa Barat Turun Jadi 7,8 Persen
Tribun Jabar/Ery Candra
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar), Iwa Karniwa, seusai menghadiri seminar di GIM, Kota Bandung, Senin (12/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar), Iwa Karniwa, mengklaim jumlah penduduk miskin di seluruh wilayah Jawa Barat kian menurun setiap tahun.

Iwa Karniwa mengatakan penurunan angka kemiskinan ini terwujud karena beberapa program peningkatan ekonomi masyarakat yang telah dilakukan sejak kepemimpinan sebelumnya.

Ia mengatakan kini tantangannya adalah agar meningkatkan akselerasi penurunan angka kemiskinan secara masif. Satu di antaranya adalah melalui pendekatan budaya lokal.

"Menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Semula 10 persen, sekarang 7,8 persen dari jumlah penduduk Jabar," ujar Iwa Karniwa seusai seminar di GIM, Kota Bandung, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, persentase kemiskinan di Jabar lebih rendah daripada persentase nasional.

Timnas Indonesia vs Timor Leste, Link Live Streaming dan Prediksi Susunan Pemain

Banyak CPNS yang Tak Lolos Passing Grade, KemenpanRB Segera Umumkan Kebijakan Baru

"Sekarang angkanya 7.8 persen relatif kecil dibandingkan dengan rata-rata nasional tapi jumlah penduduk di Jabar tinggi. Oleh karena itu kami melakukan langkah-langkah signifikan," kata Iwa Karniwa.

"Kami akan bidik dengan berbagai cara APBN, mungkin dengan investasi dan lainnya sehingga penurunan ke depannya akan lebih signifikan," ujarnya.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas Maret 2017) yang dirilis Badan Pusat Statistik Jawa Barat (BPS Jabar), penduduk miskin di Jawa Barat sebanyak 4.168,44 ribu orang atau 8,71 persen dari total  jumlah penduduk.

BPS Jabar pun mencatat selama kurun waktu 2012–2017 tingkat kemiskinan kabupaten atau kota di Jabar fluktuatif tapi cenderung menurun pada tiga tahun terakhir.

Selama 2012–2017 Kota Depok dan Kota Tasikmalaya adalah kabupaten atau kota yang memiliki persentase kemiskinan terendah dan tertinggi di Jawa Barat. (*)

Penulis: Ery Chandra
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved