Eddy Soeparno: Pembagian Zonasi, Solusi Semarakan Kembali Pasar Tradisional

Eddy Soeparno menilai perlu adanya revitalisasi pasar untuk menyemarakkan kembali pasar-pasar tradisional

Eddy Soeparno: Pembagian Zonasi, Solusi Semarakan Kembali Pasar Tradisional
Istimewa
Calon anggota DPR RI PAN dapil Jawa Barat III yang juga Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno saat bersama warga. 

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1, Eddy Soeparno, berkomitmen jika terpilih akan memastikan revitalisasi pasar di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dan para pedagang.

Hal ini bertujuan agar revitalisasi tepat sasaran dengan tujuan untuk menyejahterakan dan mendorong kehidupan masyarakat khususnya pedagang tradisional meningkat.

"Revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah sebagai abdi masyarakat harus memihak para pedagang dan warga yang turut berkegiatan di dalam pasar tersebut sehingga menguntungkan bagi penghuni pasar," tutur Eddy Soeparno, Senin (12/11/2018).

Tidak hanya itu, Eddy, sapaan akrabnya, sebagai sosok profesional menilai perlu adanya revitalisasi pasar untuk menyemarakkan kembali pasar-pasar tradisional yang kian tahun tergerus oleh pasar-pasar modern.

Yuk Ikut Rail Run Bersama PT KAI Daop 3 Cirebon Akhir Pekan Ini

Bomber Persib Bandung Jonathan Bauman Masih Cedera Bahu, Kemungkinan Absen Lawan PSIS Semarang

"Jangan sampai yang mendominasi mereka yang memiliki modal besar dan memarginalisasi pasar-pasar tradisional," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data perekonomian produktivitas pasar tradisional setiap harinya semakin turun. Pasar modern telah tumbuh berkembang sebesar 30 persen. Sementara, pasar tradisional turun sebesar 8 persen.

Eddy yang peduli kelangsungan hidup pedagang-pedagan kecil di pasar tradisional menjelaskan bahwa penataan yang semena-mena antara pasar tradisional dan modern akan menyulitkan bagi para pedagang pemilik modal kecil.

"Jangan sampai pedagang kecil kalah saing dengan pemodal besar yang memiliki tempat belanja modern," katanya.


Di samping itu, ia  juga memiliki strategi dalam mengatasi polemik tersebut, salah satunya adalah zonasi pasar. Eddy menjelaskan zonasi terhadap pasar merupakan salah satu cara untuk mendorong pasar tradisional berjaya kembali.

Menurutnya, dengan pemberlakuan zonasi yang strategis keberadaan pasar tradisional dan modern tidak akan mengancam satu sama lain. Justru dengan zonasi strategis setiap pasar akan memiliki pangsa pasarnya masing-masing.

"Kita siasati dengan melakukan zonasi agar mereka tidak berkompetisi secara langsung sehingga ada pembagian yang adil," kata dia.

"Pasar tradisional tetap terjangkau oleh masyarakat dan pasar modern tetap masih bisa dijangkau," tutup Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved