Resmikan Jembatan Swadaya di Rongga, Anggota DPR Tantang Ridwan Kamil Datang ke Selatan KBB

Wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat terkendala aksesibilitas yang buruk. Anggota DPR RI, Dadang Rusdiana minta Ridwan Kamil kunjungi wilayah itu

Resmikan Jembatan Swadaya di Rongga, Anggota DPR Tantang Ridwan Kamil Datang ke Selatan KBB
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Pembangunan jembatan penghubung di Kampung Bolenglang, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, akhirnya selesai mengandalkan swadaya masyarakat setempat, Minggu (11/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, RONGGA- Pembangunan jembatan penghubung yang mengandalkan swadaya masyarakat di Kampung Bolenglang, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, akhirnya selesai, Minggu (11/11/2018).

Ketua Trapawana Jabar, David Riksa Buana mengatakan, pembangunan desa di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat masih terkendala aksesibilitas yang buruk.

Selama ini, pihaknya telah membangun beberapa jembatan secara swadaya di Gununghalu dan Cipongkor.

"Tahun ini kami berencana membangun jembatan di Cibenda Kecamatan Rongga, warga saluyu, tangsi, dan sadatar di Kecamatan Gununghalu. Dalam pembangunannya kami melibatkan masyarakat sekitar secara swadaya," katanya.

Persib Bandung Masih Punya Kans Juara Liga 1 2018, PSM Makassar dan Persija Jakarta Tersandung

Manchester City vs Manchester United, Dua Tim Sedang On Fire, Ini Prediksi Susunan Pemainnya

Dalam peresmian jembatan swadaya ini, hadir pula anggota DPR RI, Dadang Rusdiana. Menurutnya, pembangunan yang dilakukan oleh warga Rongga-Gununghalu ini sangatlah positif membangun jembatan secara gotong royong.

Menurutnya, kegiatan swadaya semacam ini sulit ditemukan di masa kini. "Saya lihat ada nilai kegotongroyongan yang dikembangkan dan dijaga oleh warga Sindangjaya, Rongga, ini," katanya di lokasi.

Bahkan, Dadang pun meminta dan menantang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk melihat langsung ke kawasan-kawasan selatan Bandung Barat yang masih banyak daerah terisolasi.

Kawasan-kawasan terisolasi itu, ucapnya,  umumnya membutuhkan bantuan jembatan.

"Soal jembatan ini strategis sekali, karena kepedulian pemerintah sekarang enggak ada. Saat saya datang ke sini mereka antusias dan sampaikan keluhan karena baru hari ini anggota legislatif mau datang ke pedesaan dengan lokasi berbukit terjal," ujarnya.

Bukan hanya kepada Ridwan Kamil, Dadang Rusdiana juga menantang pejabat lainnya untuk turun langsung ke lapangan bukan hanya pada saat mereka ingin dipilih kembali.

"Pak RK kan ahli menata kota, nah sekarang coba lihat langsung kondisi pedesaan selatan Bandung Barat," ucapnya.

Ketika ditanya terkait pola pembangunan yang ideal untuk diterapkan di pedesaan, Dadang Rusdiana tak setuju adanya musrenbang (musyawarah rencana pembangunan).

Dalam wadah musrenbang itu, ucapnya, kadangkala tak mewadahi keinginan warga. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved