Mengungsi Menjadi Jadwal Tahunan yang Harus Dijalani Warga Cigosol

Warga Cigosol sudah bosan mengungsi. Mereka menganggap mengungsi sudah seperti jadwal tahunan.

Mengungsi Menjadi Jadwal Tahunan yang Harus Dijalani Warga Cigosol
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Suasana di gedung Inkanas yang menjadi tempat mengungsi warga Cigosol. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ratusan warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengaku bosan setiap memasuki musim penghujan. Mereka kerap mengungsi akibat banjir dari luapan Sungai Citarum.

Salah satu lokasi yang dimanfaatkan oleh warga Kelurahan Andir menjadi tempat pengungsian, adalah aula Gedung Inkanas yang berada di Jalan RAA Wiranata Kusumah, Kecamatan Baleendah

Selama banjir masih kerap melanda wilayah kampung tersebut, warga yang mengungsi di aula gedung Inkanas harus bertahan di pengungsian hingga tiga bulan lamanya.

Edi Suganda (73), warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, mengatakan, ia sudah sering mengungsi sejak 2010. Menurutnya, mengungsi adalah aktivitas tahunan yang harus dijalani oleh warga Baleendah.

Kerap Kebanjiran Warga Cigosol Baleendah Ingin Pindah tapi Tak Ada yang Mau Beli Rumah Mereka

40 KK Korban Banjir di Cigosol Baleendah Masih Mengungsi di Aula Gedung Inkanas

"Sudah kayak dijadwalkan saja, setiap akhir tahun sampai awal tahun harus mengungsi," kata Edi di aula gedung Inkanas, Minggu (11/11/2018).

Yang memberatkan saat mengungsi, kata Edi, yaitu memindahkan barang-barang berharga dari rumahnya ke lokasi pengungsian. Bila tidak dipindahkan ia khawatir harta benda miliknya tersapu banjir.

Edi menambahkan, di lokasi pengungsian masih belum dikatakan layak menjadi tempat berlindung dalam waktu lama, karena warga harus berbagi tempat dengan warga lainnya.

"Semua aktivitas warga dilakukan di pengungsian, sehingga tidak bisa istirahat dengan nyaman, tidak kayak di rumah," kata Edi yang mengungsi sejak Kamis malam (8/11/2018).

Ai (63), warga lainnya mengatakan, kalau ia sebenarnya tidak ingin mengungsi, tapi tidak diperbolehkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, karena dianggap berbahaya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved