Kerap Kebanjiran Warga Cigosol Baleendah Ingin Pindah tapi Tak Ada yang Mau Beli Rumah Mereka

Warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengaku sudah tak betah tinggal di kampung tersebut

Kerap Kebanjiran Warga Cigosol Baleendah Ingin Pindah tapi Tak Ada yang Mau Beli Rumah Mereka
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Sebanyak 40 kepala keluarga (KK) atau 109 jiwa warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, masih mengungsi di aula gedung Inkanas, Kecamatan Baleendah, Minggu (11/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengaku sudah tak betah tinggal di kampung tersebut, karena kerap dilanda banjir.

Setiap musim hujan, ratusan warga di Kampung Cigosol, terpaksa mengungsi di sejumlah tempat pengungsian selama berbulan-bulan dari awal tahun hingga akhir tahun.

"Sudah bosan juga, sudah puluhan tahun menjadi korban banjir, setiap tahun harus mengungsi," kata Edi Suganda (73) warga Kampung Cigosol di aula gedung Inkanas, Baleendaah, Minggu (11/11/2018).

Ia mengatakan, beberapa kali mencoba memasarkan rumahnya dengan harga murah, namun hingga saat ini belum ada satu pun yang tertarik untuk membeli rumahnya itu.

"Sudah dikasih murah, tetap saja tidak laku. Mungkin gara-gara banjir," kata Edi.

Warga lainnya, Taryana (45), mengharapkan, rumah kampung tersebut dibeli oleh pemerintah untuk mengentaskan permasalahan banjir yang melanda permukiman warga.

Ada Ladang Ganja di Tanggamus, Polisi Jalan Kaki Lewati 2 Sungai dan 2 Bukit, Pemilik Ganja Lolos

"Kayak Cieunteung, warganya sudah pindah dan terbebas dari banjir, punya rumah baru juga," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dari data Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung, 350 rumah, sembilan sekolah, dan 25 tempat ibadah, di tiga kecamatan yakni Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang, sempat terendam banjir, namun saat ini, sebagian besar telah surut.

Di aula gedung Inkanas, saat ini ditempati 40 kepala keluarga (KK) atau 109 jiwa warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved