Eddy Soeparno Minta Pemerintah Utamakan Tenaga Kerja Lokal Ketimbang Asing

Eddy Soeparno mengatakan bahwa saat ini masih terdapat tenaga kerja asing yang tidak memiliki keahlian khusus juga dapat bekerja di Indonesia.

Eddy Soeparno Minta Pemerintah Utamakan Tenaga Kerja Lokal Ketimbang Asing
Istimewa
Calon anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno, meminta pemerintah mengkaji ulang regulasi tenaga kerja untuk industri. 

TRIBUNJABAR.ID- Calon anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno, meminta pemerintah mengkaji ulang regulasi tenaga kerja untuk industri.

Saat ini, ucapnya, tidak sedikit masyarakat kesulitan mendapat kerja karena maraknya tenaga kerja asing.

Eddy Soeparno mengatakan bahwa saat ini masih terdapat tenaga kerja asing yang tidak memiliki keahlian khusus juga dapat bekerja di Indonesia.

"Saya imbau agar pemerintah berhati-hati dalam menerapkan kebijakan untuk pembukaan lapangan kerja, terutama untuk tenaga kerja asing yang tak memiliki kompetensi keahlian khusus yang tinggi," kata sosok nomor 2 PAN, Eddy Soeparno, Minggu (11/11/2018).

Akibatnya, tenaga kerja lokal kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, pemerintah harus tegas dan selektif atas tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

Soal Status Korban Lion Air JT 610 yang Tak Bisa Diidentifikasi, RS Polri Serahkan ke Pengadilan

Video, Saat Jokowi Sambangi Car Free Day di Dago Kota Bandung, Seorang Warga Kasih Bunga

"Pemerintah harus tegas dan selektif untuk menyeleksi mereka yang ingin bekerja di Indonesia. Jangan sampai malah mengasingkan tenaga kerja kita," lanjutnya.

Eddy Soeparno tidak keberatan jika tenaga kerja asing tersebut memiliki keahlian khusus yang belum dikuasai oleh tenaga kerja lokal.

Ia secara tegas menolak tenaga kerja asing yang tidak memiliki keahlian khusus mengambil lapangan kerja yang diperuntukkan kepada warga lokal.

"Mereka tidak hanya bekerja di Indonesia namun mereka juga memiliki kewajiban untuk memberikan wawasan kepada tenaga kerja lokal kita," ujar Eddy Soeparno.

Di samping itu, Eddy bertekad akan membatasi keberadaan pekerja asing dan memprioritaskan pemberdayaan tenaga kerja lokal untuk tiap lapangan kerja yang tersedia, jika terpilih menjadi wakil rakyat.

"Keberadaan mereka di Indonesia akan dibatasi. Jika sudah memenuhi kewajibannya bekerja di sini dan mengajarkan ilmunya kepada anak bangsa mereka harus segera kembali. Tentunya, kita akan mengedepankan anak bangsa untuk mengisi lapangan-lapangan kerja yang tersedia," kata Eddy Soeparno.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved