Setelah Tabur Bunga, Jokowi Berdoa di Makam Pahlawan

Presiden Joko Widodo menaburkan bunga dan berdoa di makam yang ada di TMP Cikutra.

Setelah Tabur Bunga, Jokowi Berdoa di Makam Pahlawan
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Presiden Jokowi berdoa di satu makam di TMP Cikutra. 

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Memperingati Hari Pahlawan 2018, Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo memimpin upacara ziarah Nasional di Taman Makam Pahlwan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Upacara dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Presiden Jokowi hadir bersama sejumlah Menteri, salah satunya Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang bertugas memimpi doa.

Bertugas sebagai Inspektur upacara, Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di depan monumen TMP Cikutra dan diakhiri dengan penghormatan.

Sirine untuk mengenang perjuangan pahlawan juga dibunyikan sebelum prosesi peletakan karangan bunga. Sirine tersebut berbunyi sekira dua menit lamanya.

Setelah meletakkan karangan bunga, Presiden Jokowi menuju beberapa makam pahlawan yang berjasa untuk Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Sekira lima pusara makam Pahlawan yang didatangi oleh Presiden Jokowi sembari menaburkan bunga di atas makam tersebut.

Prosesi penaburan bunga tersebut didampingi pihak keluarga pahlawan yang hadir. Setelah menaburkan bunga, Jokowi langsung memanjatkan doa disetiap makam yang dihampirinya.

Usai melakukan penaburan bunga, Presiden RI sempat berbincang-bincang dengan sejumlah keluarga pahlawan. Permintaan untuk berswafoto dari masyarakat juga diladeni oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Selanjutnya, Jokowi menuju Gedung Sate untuk membuka acara Bandung Lautan Sepeda 2018. Tidak hanya melepas puluhan ribu pesepeda, Jokowi juga ikut bersepeda sejauh lima kilometer.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved