Kerajinan Keramik Asal Purwakarta yang Sudah Mendunia Selalu Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Juga dikatakan bahwa proses dan hasil keramik buatan Purwakarta sering kali membuat masyarakat penasaran hingga banyak yang berwisata ke Purwakarta

Kerajinan Keramik Asal Purwakarta yang Sudah Mendunia Selalu Menjadi Daya Tarik Wisatawan
Tribun Jabar/Haryanto
Kepala UPTD Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu menunjukan hasil kerajinan keramik yang berada di Litbang Keramik Plered, Jalan Raya Anjun, Plered Purwakarta, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kerajinan keramik asal Purwakarta telah terkenal hingga mancanegara.

Kondisi ini menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke kabupaten terkecil kedua di Jabar ini.

"Ya sekarang ini kerajinan keramik Purwakarta sudah terkenal di mancanegera," kata Heri Anwar Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, saat ditemui di kantornya, Sindangkasih, Purwakarta, Sabtu (10/11/2018).

Heri juga mengatakan bahwa proses dan hasil keramik buatan Purwakarta sering kali membuat masyarakat penasaran hingga banyak yang berwisata ke Purwakarta.

Bahkan, adanya tempat penelitian dan pengembangan (Litbang) keramik di Kecamatan Plered sering kali dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah.

"Ini (Litbang) menjadi lokasi wisata, sekaligus sarana edukasi. Di lokasi ini, pengunjung juga bisa sekaligus belajar cara membuat berbagai kerajinan kriya. Kebanyakan, yang datang itu pelajar," kata Heri.

Sebab, selain sebagai sentral pembuatan atas kerajinan kriya, Litbang Keramik ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi wisata bersendikan edukasi.

Indahnya Air Terjun dan Tebing di Objek Wisata Curug Batu Templek, Lokasinya Dekat dari Kota Bandung

Luna Maya Mengaku Pernah Digoda oleh Pejabat, Diminta Ketemu Langsung di Suatu Ruangan

Jokowi Minta Pendukungnya Jawab Isu Negatif dan Hoaks Tentang Kinerjanya di Masyarakat

Terbukti banyak pelajar mulai dari mahasiswa hingga siswa SD yang sering berkunjung ke Litbang yang terletak di Jalan Raya Anjun, Plered, Purwakarta.

"Disini pengunjung bisa melihat langsung cara pembuatan keramik, dan hasil-hasil yang telah dibuat oleh para pengrajin di museum yang tersedia," ucapnya

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved