Waspada Bahaya Listrik di Musim Penghujan

Di musim penghujan, tak jarang kita mendengar berita tentang adanya kecelakaan akibat tersengat aliran arus listrik.

Waspada Bahaya Listrik di Musim Penghujan
Kompasiana.com
Ilustrasi. 

TRIBUNJABAR.ID - Di musim penghujan, tak jarang kita mendengar berita tentang adanya kecelakaan akibat tersengat aliran arus listrik.

Untuk mencegah hal tersebut, mari kita lebih waspada terhadap instalasi listrik dan peralatan eletronik, khususnya yang peka terhadap air.

Apabila ditemukan indikasi aliran air yang masuk ke rumah dan rawan mengenai peralatan elektronik, langkah pertama yang harus dilakukan, diantaranya :

1. Perhatikan posisi posisi stop kontak atau kabel rol yang berada dibawah atau dekat dengan lantai. Amankan kabel rol atau kabel ekstension yang berpotensi terendam air.

2. Matikan peralatan listrik dan elektronik yang dekat di lantai (terutama mesin air/ jet pump) dengan mencabut kabel listrik dari stop kontak dan pindahkan ke posisi yang lebih aman,

3. Jangan memegang kabel yang terbuka atau terkelupas

4. Apabila stop kontak sudah tergenang/ rumah dalam kondisi kebanjiran, pastikan MCB (Mini Circuit Breaker) yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik telah dimatikan sehingga tidak ada aliran listrik ke dalam rumah.

 Selanjutnya, apabila rumah sudah dalam kondisi tidak banjir, pastikan terlebih dahulu kondisi instalasi listrik (stop kontak, mesin air, peralatan listrik yang terendam) dalam kondisi yang kering sebelum aliran listrik dinyalakan.

Selain beberapa hal diatas, hal lain yang perlu diwaspadai pada saat hujan adalah petir. 

Kasus kebakaran alat elektronik yang tersambar petir merupakan kasusyang cukup sering ditemui.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved