Uu Ruzhanul Ulum akan Kawinkan Sapi Belgian Blue dengan Sapi Pasundan, Begini Jadinya

Pemerintah Provinsi Jabar akan mengawinkan Sapi Belgian Blue dengan Sapi Pasundan. Rencana tersebut adalah hasil kerja sama

Uu Ruzhanul Ulum akan Kawinkan Sapi Belgian Blue dengan Sapi Pasundan, Begini Jadinya
Istimewa
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam rencana kerjasama Pemprov Jabar dan Belgia, mengawinkan sapi Pasundan dan Belgian Blue. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jabar akan mengawinkan Sapi Belgian Blue dengan Sapi Pasundan. Rencana tersebut adalah hasil kerja sama antara Pemprov Jabar dengan Region Wallonia di Belgia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kunjungannya ke Belgia untuk menjalin kerja sama diwakili oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Salah satu poin kerja samanya adalah di bidang pertanian dan peternakan.

"Bapak Wakil Gubernur mewakili saya, sedang berada di Belgia seminggu ini untuk memenuhi undangan pemerintah Belgia terkait kerjasama ekonomi, beasiswa dan utamanya: transfer ilmu peternakan sapi dengan genetika baru," kata pria yang akrab disapa Emil ini melalui akun instagram pribadinya, Jumat (9/11/2018).

Emil mengatakan rencananya Pemprov Jabar akan mengawinkan sapi belgian blue yang jauh lebih berotot dari sapi lainnya, dengan sapi pasundan. Program ini untuk dijadikan salah satu program ekonomi desa one village one company di bidang peternakan.

Salah satu poin memorandum of understanding (MoU) Kerja Sama Sister Province antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Wallonia Region, Belgia yang telah terjalin selama saty tahun ini, mengakomodasi beberapa bidang kerja sama, di antaranya kerja sama di bidang pertanian dan peternakan.

Jalan Cisoka Citengah di Sumedang Bakal Dibeton, Tak Hilangkan Kearifan Lokal Dusun Cisoka

Belgia sejak 1940 terkenal dengan Sapi khas Belgia, bernama Belgian Blue Cattle yang memiliki keunikan dan dapat dikenali dengan mudah secara fisik. Sapi belgian blue memiliki daging dan otot yang jauh lebih banyak diantara jenis sapi lainnya.

Saat kunjungan kerjanya ke Belgia, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum diundang secara khusus oleh Prof Pascal Leroy, yang merupakan ahli di bidang determinasi genetik pada otot dan daging ternak di Universitas Liege ke Peternakan Sapi Belgian Blue yang telah teregistrasi.

Prof Pascal Leroy menjelaskan sapi-sapi keturunan Belgia masing-masing memiliki nomer registrasi khusus yang tercatat dalam data base peternakan nasional Belgia.


Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved