Sebanyak 64 Jiwa dari 16 KK Mengungsi Akibat Longsor, BPPD Sudah Siapkan Tenda Sejak Hari Senin

Sebanyak 64 warga Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung sudah diungsikan sebelum tebing 30 meter itu longsor

Sebanyak 64 Jiwa dari 16 KK Mengungsi Akibat Longsor, BPPD Sudah Siapkan Tenda Sejak Hari Senin
ISTIMEWA
Material longsor dari tebing setinggi 30 meter, dekat permukiman warga di Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jumat (9/11/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, CANGKUANG - Sebanyak 64 jiwa dari 16 kepala keluarga (KK) di RT 05/06 Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung sudah diungsikan sebelum tebing setinggi 30 meter di kawasan tersebut longsor pada Jumat (9/11/2018) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Bandung melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Sudrajat mengatakan untuk sementara warga diungsikan ke tenda darurat dan rumah warga lainnya yang aman dari longsor.

"Warga diungsikan sementara karena riskan ada 16 KK 64 jiwa (yang rumahnya di daerah bahaya longsor). Sekarang di tenda ada 11 KK dan 5 KK lagi menumpang di rumah saudaranya di sekitar lokasi," kata Sudrajat melalui telepon seluler, Jumat (9/11) malam.

Bencana longsor tersebut, dikatakan Sudrajat, tidak menimbulkan korban jiwa, karena saat kejadian, warga sudah diungsikan terlebih dahulu ke tenda darurat yang seadanya.

Bahkan BPBD sudah menyiapkan tenda darurat tersebut khusus untuk warga yang rumahnya bahaya dari longsor, sejak hari Senin lalu.

"Kejadian longsornya memang baru tadi sekitar jam 1 atau jam 2 siang. Tapi warga memang sudah diungsikan sebelumnya. Sejak hari Senin atau Selasa kami sudah buatkan tenda jadi tidak ada korban," katanya.

Warga Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung yang rumahnya berada di daerah bahaya longsor sudah diungsikan ke tenda darurat oleh BPBD Kabupaten Bandung, Jumat (9/11/2018).
Warga Kampung Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung yang rumahnya berada di daerah bahaya longsor sudah diungsikan ke tenda darurat oleh BPBD Kabupaten Bandung, Jumat (9/11/2018). (ISTIMEWA)

Tebing setinggi 30 meter itu longsor akibat diguyur hujan yang terus menerus.

Material longsoran turun menuju perkampungan warga yang berjarak kurang lebih 100 meter dari titik longsoran.

"Longsoran sudah masuk ke kolong-kolong rumah panggung warga dan sudah sampai ke teras-teras rumah warga juga. Tidak ada rumah yang rusak tertimpa longsoran tapi pohon-pohon tumbang terdorong longsoran," ujarnya.

BPBD Kabupaten Bandung Aktifkan Posko Siaga Darurat Banjir dan Longsor

SPBU di Pameungpeuk Garut Terdampak Banjir dan Longsor Tasikmalaya, Pasokan Dialihkan dari Bandung

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved