Banjir Bandang Cipatujah

Kemensos Kirim Bantuan Bagi Korban Bencana Tasikmalaya, Keluarga Korban Meninggal Terima Rp 15 Juta

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sebesar Rp 926 juta lebih kepada pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang dilanda banjir bandang dan longsor.

Kemensos Kirim Bantuan Bagi Korban Bencana Tasikmalaya, Keluarga Korban Meninggal Terima Rp 15 Juta
Tribun Jabar/Isep Heri
Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat meninjau lokasi longsor di Desa Bojongsari, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (9/11/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sebesar Rp 926 juta lebih kepada pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini sebagian wilayahnya dilanda banjir bandang dan longsor.

Bantuan diserahkan secara simbolis di Desa Bojongsari, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (9/11/2018) sore.

Selain pemberian bantuan Kementerian Sosial yang dipimpin Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat juga meninjau beberapa lokasi yang terkena longsor.

Harry Hikmat menjelaskan, bantuan yang diberikan di antaranya santunan kepada ahli waris 6 korban meninggal dunia akibat banjir bandang dan longsor sebesar Rp 90 juta dan bantuan logistik bagi warga yang terdampak bencana di Kabupaten Tasikmalaya.

"Keluarga korban meninggal dunia masing-masing mendapatkan santunan sebesar Rp 15 juta," kata Harry Hikmat saat ditemui di lokasi.

Dia menyampaikan Menteri Sosial secara langsung memerintahkan jajarannya agar memberikan bantuan kepada warga Kabupaten Tasikmalaya yang terkena bencana sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, jika terjadi bencana maka keesokan harinya menteri terkait harus mengambil langkah-langkah penanganan. Presiden juga berpesan agar jangan sampai korban tidak ada yang menangani. Kemensos sendiri bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak," ujarnya.

Akibat banjir bandang dan longsor yang melanda pada Selasa (6/11/2018) lalu, Kementerian Sosial mencatat, 852 kepala keluarga di 3 kecamatan di selatan Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah jiwa 2.045 terdampak langsung oleh bencana.

Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Jabar Waspadai Potensi Banjir Bandang Selama Musim Hujan

Update Banjir Tasikmalaya Selatan, Korban Keenam Ditemukan, Hanyut Jauh Hingga ke Muara

Pembangunan Jembatan Bailey Cipatujah Masih Diproses, Ini Alasannya

Menurut dia, bantuan penanggulangan untuk Kabupaten Tasikmalaya adalah sebesar Rp 853.855.750.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved