Persib Bandung

Hitung-hitungan Persib Bandung untuk Juara Liga 1 Usai Kalah dari PSMS Medan, Masih Ada Peluang

Persib Bandung masih memiliki peluang untuk jadi juara Liga 1 2018 meski sangat sulit karena harus menunggu pertandingan PSM Makassar dan Persija.

Hitung-hitungan Persib Bandung untuk Juara Liga 1 Usai Kalah dari PSMS Medan, Masih Ada Peluang
rizal fanany/tribun bali
Penyerang Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel ketika menghadapi PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (9/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, GIANYAR - Persib Bandung kalah 1-0 dari tamunya, PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (9/11/2018).

Laga Persib Bandung vs PSMS Medan ini merupakan matchday 30 Liga 1.

Meski menelan kekalahan kekalahan ke-9 musim ini, peluang Persib Bandung untuk juara Liga 1 masih terbuka, meski berat.

Persib kini memiliki poin 49 dengan sisa 4 pertandingan, berbeda 4 poin dengan pemuncak klasemen sementara Liga 1, PSM Makassar yang memiliki poin 53 tapi memiliki 5 sisa pertandingan.

Untuk menjadi juara, Persib Bandung harus memenangkan seluruh sisa pertandingannya, sehingga Atep dkk akan memiliki 61 poin.

Meski demikian, jumlah poin tersebut belum jadi jaminan karena Persib Bandung harus menunggu hasil-hasil pertandingan PSM Makassar.

Empat kemenangan beruntun Persib Bandung akan tak berarti jika PSM Makassar meraup tiga poin di tiga laga dari 5 pertandingan sisa.

Tiga kemenangan akan membuat poin PSM Makassar jadi 62 poin, tak mungkin dilewati Persib Bandung.

Selain harus mengejar PSM yang menjadi pemuncak klasemen, untuk menjadi juara, Maung Bandung juga harus menjaga agar tak dilewati peringkat tiga Persija Jakarta.

Persija Jakarta kini sudah menabung 48 angka dengan 6 laga sisa.

Maka untuk menjadi juara, Persib juga harus menunggu hasil pertandingan Persija.

Jika dari 6 pertandingan Persija kalah di dua pertandingan, maka Persib bisa menjadi juara, namun jika Persija bisa menang di 5 pertandingan saja maka tertutup peluang Persib untuk menjadi juara.

Sebab jika Persija berhasil menang di lima pertandingan akan memperoleh poin 63, berbeda dua poin dengan Persib jika berhasil memenangakan sisa laganya.

Maka jika Persib ingin juara harus bisa merebut poin penuh di 4 pertandingan terakhirnya dan PSM harus kalah di tiga pertandingan, serta Persija harus kalah didua pertandingan, baru Persib bisa menambah bintang di dadanya menjadi tiga bintang.(*)

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved