Fenomena Mabuk Rebusan Pembalut Wanita, Sebenarnya Apa Kandungan di Pembalut Wanita?

Sitti Hikmawatty menerangkan KPAI terus berkoordinasi dengan banyak pihak agar fenomena ini bisa ditangani.

Fenomena Mabuk Rebusan Pembalut Wanita, Sebenarnya Apa Kandungan di Pembalut Wanita?
shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi pembalut 

TRIBUNJABAR.ID, SEMARANG - Fenomena kenakalan remaja mabuk air rebusan pembalut tengah menjadi perbincangan akhir-akhir ini.

Fenomena mabuk air rebusan pembalut sebenarnya tidak baru-baru amat terjadi di Jawa Tengah.

Seperti dilaporkan Tribun Jabar pada Jumat (9/11), Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menemukan dua kelompok anak jalanan yang menggunakan air rebusan pembalut untuk mabuk dalam dua bulan terakhir.

Kabid Pemberantasan BNNP Jateng AKBP Suprianto, dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi di TvOne pada Kamis (8/11) kemarin, mengatakan, minum air rebusan pembalut jadi alternatif remaja untuk mendapat efek seperti narkotika.

Lebih dari itu, air rebusan pembalut lebih murah dibanding membeli narkoba yang memang mahal harganya.

Kepada Tribunnews.com, Komisioner KPAI bidang Kesehatan dan NAPZA Sitti Hikmawatty mengatakan, pihaknya merasa sangat prihatin dengan semakin banyaknya kasus ditemukan anak-anak yang meminum rebusan pembalut.

Sesuai data yang masuk di KPAI, kasus ini bukanlah kasus baru.

"Pada saat kami tangani kasus penyalahgunaan PCC, 2017 lalu juga sudah kita temui, namun jumlahnya relatif kecil," ujar Sitti Hikmawatty saat dikonfirmasi Tribunnews, Kamis (8/11).

Kegiatan remaja yang mencari alternatif zat yang dapat membuat mereka 'fly', tenang ataupun gembira, ucap Sitti Hikmawatty, awalnya didapatkan secara coba-coba atau eksperimen.

"Jadi kalau kita mengenal beberapa golongan Psikotropika di luar Narkoba, maka beberapa zat 'temuan' para remaja ini termasuk kelompok eksperimen psikotropika," kata Sitti Hikmawatty.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved