Bawaslu Sumedang Siap Copot Baliho Caleg yang Dipasang di Depan SDN Mekarsari Tanjungsari

Bawaslu Kabupaten Sumedang, mengimbau kepada seluruh peserta pemilihan umum 2019, untuk memasang alat peraga kampanye

Bawaslu Sumedang Siap Copot  Baliho Caleg yang Dipasang di Depan SDN Mekarsari Tanjungsari
tribunjabar/hakim baihaqi
Baliho Caleg PDIP Dipasang di Depan SDN Mekarsari Jatinangor 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bawaslu Kabupaten Sumedang, mengimbau kepada seluruh peserta pemilihan umum 2019, untuk memasang alat peraga kampanye yang telah ditentukan oleh KPU.

Beberapa jenis APK, di antaranya, baliho, billboard, spanduk, videotron, dan umbul-umbul harus dipasang menyesuaikan jenis APK yang harus memerhatikan memperhatikan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota kawasan setempat.

Dalam Peraturan KPU No 23 Tahun 2018 Pasal 32 sampai dengan 34,  APK dilarang dipasang di tempat ibadah, tempat pelayanan kesehatan, gedung pemerintah, dan lembaga pendidikan, namun beberapa pelanggaran masih terjadi di Kabupaten Sumedang.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya, kepada seluruh calon anggota DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, yang saat ini masih nekat memasang APK di tempat bukan semestinya, agar segera menertibkan.

 "Imbauan ini telah kami sampaikan isampaikannya kepada seluruh partai politik untuk memberikan pemahaman kepada para calon anggota legislatif," kata Ade melalui pesan singkat, Kamis (8/11/2018).

Manggis dan Mangga Gedong Gincu Jabar Diminati Jepang, Ini yang Dilakukan Pemprov Jabar

 Namun, bila para calon anggota legislatif tetap tidak mengikuti aturan tersebut, pihak Bawaslu Kabupaten Sumedang bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Sumedang, akan melakukan penertiban APK.

 "Bila tidak sesuai mekanisme, semua harus ditertibkan," katanya.

Sebuah APK caleg DPRD Kabupaten Sumedang, dipasang di area Sekolah Dasar Negeri Mekarsari, Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Kamis (8/11/2018), APK berupa baligho berukuran dua meter itu dipasang di sekitar 50 meter sebelah kanan pintu gerbang Sekolah Dasar Negeri Mekarsari.


Di baliho tersebut, bertuliskan "caleg DPRD Kabupaten Sumedang nomor urut 2, dapil 5 (Jatinangor - Cimanggung) periode 2018 - 2023, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), bernama Dadang Rohmawan.

Muhamad Andri (35), warga sekitar SDN Mekarsari, mengatakan, baligho caleg tersebut sudah ada sejak beberapa pekan lalu dan tidak diketahui persis orang yang sengaja memasang baliho itu.

"Terlihat sangat jelas, baliho itu sangat besar," kata Andri kepada Tribun Jabar di sekitar Sekolah Dasar Negeri Mekarsari, Kamis (8/11/2018).

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved