Peduli Lingkungan, Eddy Soeparno Minta Pelaku Industri Perhatikan Amdal

Eddy Soeparno yang sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat mengatakan sikap acuh perusahaan atas amdal akan berdampak pada lingkungan

Peduli Lingkungan, Eddy Soeparno Minta Pelaku Industri Perhatikan Amdal
Istimewa
Calon anggota DPR RI PAN dapil Jawa Barat III yang juga Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, saat berdialog bersama warga di Cianjur. 

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III dari PAN, Eddy Soeparno mengimbau seluruh pelaku industri di Kabupaten Cianjur perhatikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Imbauan ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan dan menindaklanjuti kekhawatiran warga atas limbah industri.

Eddy Soeparno yang sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat mengatakan sikap acuh perusahaan atas amdal akan berdampak pada lingkungan seperti pencemaran udara, air, dan tanah.

"Kami mengimbau kepada seluruh pelaku industri di Cianjur untuk memperhatikan amdal. Jangan sampai usaha yang mereka bangun berdampak buruk pada lingkungan," ujar Eddy Soeparno, Rabu (07/11/2018).

Pencemaran, ucapnya, jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan warga.

"Ada beberapa warga yang mengadu kepada kami di wilayahnya air menjadi keruh, udara menjadi tidak segar lagi karena limbah. Jadi, kami mengimbau semua pelaku industri memperhatikan amdal yang juga sudah diatur oleh pemerintah," ujar Eddy Soeparno.

Begini Nasib 11 Pemain Persib Bandung yang Main di Final dan Jadi Juara ISL 2014

Prabowo Subianto Minta Maaf Terkait Komentar Tampang Boyolali, Ini Kata Kubu Jokowi-Maruf Amin

Selain itu, lanjut Eddy Soeparno, kekayaan alam merupakan harta warisan yang harus dijaga kelestariannya. Terlebih Cianjur merupakan salah satu lumbung padi di Jawa Barat, kelestarian alam perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik.

"Cianjur itu kan salah satu lumbung padi di Jawa Barat, jadi sudah selayaknya kita menjaga kelestarian alam. Terlebih, alam itu kan warisan anak cucu yang tak akan habis jika kita mampu merawatnya. Jangan sampai nanti kita mewarisi anak cucu kita alam yang telah rusak,"katanya.


Ia berharap, imbauan itu membuat seluruh pelaku industri akan taat pada Amdal dan peraturan yang berlaku.

"Kami berharap seluruh pelaku industri segera membenahi Amdal mereka," katanya.

Sebelumnya, seorang warga yang bernama Teddy (29) mengungkapkan kekhawatirannya atas pabrik-pabrik yang telah berdiri di tanah Cianjur, salah satunya adalah pabrik pemurnian timah.

Berdasarkan pengamatannya, selama ini belum ada penanganan lebih lanjut terkait limbah-limbah buangan dari pabrik.

"Jika terpilih, saya mohon bapak agar memeriksa izin dan melakukan analisis limbah buangan pabrik-pabrik di Cianjur, mungkin saat ini belum terlihat dampaknya namun beberapa tahun kedepan bisa jadi resikonya banyak," ujar Teddy.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved