Omaba, Kiprah Kaum Ibu yang Bermetamorfosis Demi Atasi Gizi Buruk

Itulah tugas mulia mereka yang merupakan bagian dari program Omaba, alias Ojek Makanan Balita. Omaba dirintis pertama kali pada 2012 oleh Vita Fatimah

Omaba, Kiprah Kaum Ibu yang Bermetamorfosis Demi Atasi Gizi Buruk
TRIBUN JABAR/DARAJAT ARIANTO
Vita Fatimah (tengah), Ketua Ojek Makanan Balita (Omaba) memasak di dapur Omaba bersama ibu-ibu kader Posyandu Aster RW 11, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (5/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Darajat Arianto

MATAHARI  belum menampakkan diri, ketika Ice (54) membuka kunci pintu ruangan di Gedung Serbaguna RW 11, Kelurahan Cisaranten Kidul. Jam di dinding masih menunjukkan pukul 05.15, namun Ice yang kemudian ditemani Tuti (50), sudah mulai sibuk.

Dengan cekatan, keduanya menyiapkan bahan makanan dari kulkas dan dari lemari. Mereka seolah sudah memiliki chemistry saat mengolah masakan dan menyajikan makanan. Aktivitas itu dilakukan di dapur 2x9 meter yang menjadi bagian dari Gedung Serbaguna tersebut.

Pekerjaan subuh itu bukan memasak untuk sarapan keluarga, bukan pula karena ada acara ibu-ibu. Lebih dari itu, tugasnya ini sungguh mulia. Bagaimana tidak, karena masakan yang diolahnya justru untuk diberikan kepada para balita yang terindikasi gizi buruk di lingkungan tempat tinggal mereka di Cisaranten Kidul.

Ice dan Tuti bersama empat orang perempuan paruh baya lainnya, yakni Yani, Astuti, Imas, dan Desy, memasak bergiliran dalam sebulan. Aktivitas itu sudah mereka jalani sekitar lima tahun ini.

Sekitar pukul 08.00, tugas ibu-ibu lainnya yang mengirimkan masakan tersebut. Pagi itu, Desy dan Tuti yang bertugas. Masing-masing membawa enam kotak makanan sehat balita dengan jalur pengantaran yang berbeda. Dengan memakai motor, Desy yang ditemani Meymey, lincah menyusuri jalan raya, jalan perumahan, jalan tanah, hingga ke gang-gang sempit. Desy adalah satu di antara tiga pengantar makanan sehat yang bergantian dua pekan sekali.

Desy, salah seorang pengantar makanan sehat Omaba tengah menyiapkan paket makanan untuk balita penderita kurang gizi, Rabu (7/11/2018).
Desy, salah seorang pengantar makanan sehat Omaba tengah menyiapkan paket makanan untuk balita penderita kurang gizi, Rabu (7/11/2018). (TRIBUN JABAR/DARAJAT ARIANTO)

Itulah tugas mulia mereka yang merupakan bagian dari program Omaba, alias Ojek Makanan Balita. Omaba dirintis pertama kali pada 2012 oleh Vita Fatimah (54) yang saat itu adalah Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Di kelurahan yang juga beken dengan sebutan Ciskid ini, Vita melihat banyaknya balita yang mengalami gizi buruk.

“Dari 22 balita gizi buruk di Bandung, 17 di antaranya ada di Cisaranten Kidul. Tentu ini sangat memprihatinkan bagi saya sebagai kader PKK. Dari situlah, saya awalnya mengajak ibu-ibu pengajian untuk turut beramal dengan sumbangan dana untuk membeli makanan sehat. Ibu-ibu menyambutnya dan siap menyisihkan waktu, tenaga, dan uang untuk membuatkan makanan sehat bagi balita gizi buruk,” ujar Vita yang juga Ketua Omaba.

Belasan ibu-ibu tersebut kemudian sepakat. Ada yang menjadi juru masak dan belanja, yang mengatur menu, mencari dana, ada yang survei, dan bagian pengantaran makanan. Vita yang bersama Nining –kader Omaba lainnya- turut terjun langsung. Mendata balita, membawakan makanan, bahkan ikut menyuapi balita, menjadi kegiatan sehari-hari kala itu.

“Yang paling miris sebelum adanya Omaba ini adalah banyaknya susu formula bantuan pemerintah untuk balita yang dijual oleh penerimanya. Mereka memang butuh uang, tapi uangnya bukan buat balita. Karena itulah Omaba ingin agar itu tidak terjadi lagi dengan mengganti bantuan susu dengan makanan sehat yang kami berikan langsung sehingga bisa dirasakan oleh balitanya,” kata istri Phinera Wijaya ini mengingat masa awal sebelum mendirikan Omaba.

Halaman
123
Penulis: Darajat Arianto
Editor: Deni Ahmad Fajar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved