Lion Air JT610 Jatuh

Boeing Keluarkan Buletin Tentang Masalah Sensor AOA Usai Jatuhnya Lion Air PK-LQP

Seperti diketahui, pesawat Lion Air jatuh di Karawang, hanya beberapa menit setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta

Boeing Keluarkan Buletin Tentang Masalah Sensor AOA Usai Jatuhnya Lion Air PK-LQP
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membawa ban dan turbin pesawat Lion Air PK-LQP untuk dicek lebih lanjut di posko evakuasi Basarnas, Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (4/11/2018). Tim KNKT membawa dan melakukan pengecekan lebih lanjut pasca temuan bagian-bagian pesawat Lion Air PK-LQP. 

TRIBUNJABAR.ID, NEW YORK - Boeing mengeluarkan buletin khusus pada Selasa (6/11/2018) mengenai masalah sensor yang ditengarai oleh para pejabat keselamatan penerbangan Indonesia yang menyelidiki kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai penerbangan Lion Air yang menewaskan 189 orang pekan lalu.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air jatuh di Karawang, hanya beberapa menit setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta, Senin (29/10/2018) lalu.

Mengutip warta Voice of America, Rabu (7/11/2018), perusahaan pembuat pesawat terbang itu mengatakan para pejabat penerbangan lokal percaya pilot mungkin telah mendapat informasi yang salah oleh sistem otomatis pesawat sebelum kecelakaan fatal itu terjadi.

“Komite Nasional Keselamatan Transportasi Indonesia telah mengindikasikan bahwa pesawat Lion Air nomor penerbangan JT610 memberikan masukan yang salah dari salah satu sensornya,” kata Boeing.

Boeing merujuk pada sensor AOA (Angle of Attack).

“Boeing mengeluarkan Buletin Manual Operasi (Operations Manual Bulletin/OMB) yang meminta semua operator memperhatikan prosedur awak pesawat yang ada untuk mengatasi keadaan di mana terdapat input yang salah dari sensor AOA.”

Sebuah sensor AOA menyediakan data tentang sudut di mana angin melintas di sayap dan memberi tahu pilot seberapa banyak pesawat memperoleh daya angkat.

Informasi itu bisa menjadi sangat penting untuk mencegah pesawat mengalami mati mesin.

Lion Air JT610 jatuh ke Laut Jawa di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (28/11/2018), setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dalam penerbangan rutin ke kota Pangkalpinang.

Sumber: VOA

Artikel ini telah tayang di tribunmanado.co.id dengan judul Pilot Lion Air JT610 Kemungkinan Diberi Info Salah oleh Sistem Otomatis Pesawat

Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved