Bea Cukai Purwakarta Bakar danTimbun Ribuan Barang Sitaan

Ribuan barang sitaan itu berasal dari 15 penindakan atas pelanggaran UU Cukai 39 tahun 2007 di tiga wilayah pengawasan KPPBC TMP A

Bea Cukai Purwakarta Bakar danTimbun Ribuan Barang Sitaan
Istimewa
Pemusnahan barang sitaan Bea Cukai Purwakarta di┬áKantor Jalan Bukit Akasia, Kota Bukit Indah, Purwakarta, Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A (KPPBC TMP A) Purwakarta mengamankan ribuan barang hasil tembakau dan minuman beralkohol.

Ribuan barang sitaan itu berasal dari 15 penindakan atas pelanggaran UU Cukai 39 tahun 2007 di tiga wilayah pengawasan KPPBC TMP A. Penyitaan pun dilakukan selama kurun waktu Juni 2016 hingga Maret 2018.

Kepala Kantor KPPBC TMP A Purwakarta, Guntur Cahyo Purnomo mengatakan barang kena cukai berupa yang baru dimusnahkan itu berupa rokok dan minuman beretil alkohol.

"Total potensi kerugian negara atas pelanggaran yang terjadi diperkirakan mencapai Rp 134 juta lebih," kata Guntur disela kegiatan pemusnahan barang sitaan Bea Cukai di Kantor Jalan Bukit Akasia, Kota Bukit Indah, Purwakarta, Rabu (7/11/2018).

Jenis pelanggaran yang terjadi adalah barang kena cukai menggunakan pita cukai palsu atau tanpa dilekati pita cukai.

Waspada Deman Berdarah Saat Musim Hujan, Ini Cara Antisipasinya Menurut Dinkes Kota Cimahi

Lika-liku Konser Guns N Roses di Jakarta, dari Butuh Waktu Setahun sampai Pelantun Indonesia Raya

Seperti halnya 247.172 batang rokok berbagai merk, 125.296 batang rokok berbagai merk yang dilekati pita cukai palsu.

Ada juga 140.215 gram tembakau iris berbagai merk tanpa dilekati pita cukai dan 72 botol minuman mengandung etil alkohol merk tertentu tanpa dilekati pita cukai.

Setelah ditetapkan sebagai barang milik negara, berdasarkan surat keputusan dari KPKNL Purwakarta, barang-barang tersebut disetujui untuk dimusnahkan.

"Pemusnahan hasil tembakau dilakukan dengan cara dibakar kemudian ditimbun dalam tanah sedangkan untuk minuman beralkohol dilakukan penghancuran kemudian ditimbun dalam tanah," ucapnya.

Guntur menyebutkan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Purwakarta bertekad dan berupaya melindungi masyarakat dari barang-barang yang ilegal, baik buatan dalam negeri maupun barang impor.

"Kita akan terus melakukan upaya-upaya untuk mempersempit peredaran barang-barang ilegal tersebut di wilayah, Purwakarta, Subang dan Karawang," ujar Guntur.

 

Penulis: Haryanto
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved