Bupati Indramayu Mengundurkan Diri

Bupati Indramayu Anna Sophanah Mundur Karena Alasan Keluarga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan alasan pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah...

Bupati Indramayu Anna Sophanah Mundur Karena Alasan Keluarga
Ragil Wisnu Saputra
Anna Sophana, calon Bupati Indramayu nomor urut 1 didampingi suami, Irianto MS Syafiuddin memperlihatkan kelingkingnya yang telah ditandai dengan tinta biru seusai menggunakan hak suaranya di TPS 01 Margadadi, Keluarahan Margadadi, Kecamatan Indramayu, Rabu (9/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menerima surat pengunduran diri Anna Sophanah dari jabatannya sebagai Bupati Indramayu.

Pria yang akrab disapa Emil ini segera berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menentukan pergantian bupati.

Emil mengatakan berdasarkan surat yang diterimanya, alasan Anna Sophana mundur dari jabatannya adalah karena faktor keluarga.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga. Jadi bukan urusan kedinasan. (Anna) ingin lebih mengurusi keluarga yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan yang luar biasa," kata Ridwan Kamil di Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (6/11/2018).

Ridwan Kamil mengatakan keputusan akhir penggantian bupati ini ada di tangan Mendagri. Wakil Bupati Indramayu, Supendi, kemungkinan besar akan naik jabatan mengisi jabatan yang sebelumnya ditempati Anna.

"Wakilnya yang akan menggantikan dan saya meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif. Nanti di-forward ke Kemendagri. Harap diingat gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri," ucapnya.

Emil mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak menanggapi pengunduran diri Anna Sophana secara berlebihan. Emil memastikan program pemerintahan tetap berjalan.

Sebelumnya diberitakan, Anna Sophana mengajukan surat pengunduran diri sebagai Bupati Indramayu ke Sekretariat DPRD Kabupaten Indramayu, 30 Oktober 2018.

DPRD Indramayu akan menggelar rapat paripurna membahas hal ini pada 7 November 2018.

Rapat Paripurna Pengunduran Diri Bupati Indramayu Anna Sophana Digelar Besok

Banmus DPRD Kabupaten Indramayu Akui Telah Menerima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Anna Sophanah menjabat sebagai Bupati Indramayu setelah memenangkan Pemilihan Bupati Indramayu pada tahun 2010 bersama Supendi.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved