Tingkatkan Daya Saing, Eddy Soeparno Ajak Pemuda Rajin Baca Buku

Eddy Soeparno menilai wawasan pengetahuan harus diperluas dengan cara membaca buku dan berbagai literatur.

Tingkatkan Daya Saing, Eddy Soeparno Ajak Pemuda Rajin Baca Buku
Istimewa
Sekretaris Jenderal PAN yang saat ini maju sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat III, Eddy Soeparno. 

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) sekaligus calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno, giat mengajak warga Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur untuk membaca buku, khususnya para pemuda.

Di tengah era keterbukaan dan persaingan global saat ini, Eddy Soeparno menilai wawasan pengetahuan harus diperluas dengan cara membaca buku dan berbagai literatur.

"Sekarang kita juga bersaing dengan negara-negara tetangga kita. Mereka bisa mencari kerja di negara kita, begitu juga dengan kita yang bisa mencari kerja di negara-negara lain. Kita harus memiliki pengetahuan yang luas dengan membaca buku dan literatur agar bisa mendapatkan banyak ilmu untuk menunjang perkerjaan," katanya, Senin (5/11/2018).

Berdasarkan data UNESCO tahun 2017 dari 61 negara, tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 60 masih di bawah Thailand. Karena itu, Eddy Soeparno tidak henti-hentinya mendorong masyarakat untuk giat membaca buku.

"Tingkat literasi kita masih rendah, berada di urutan terbawah bahkan di bawah Vietnam dan Kamboja," kata politisi PAN tersebut.

Cerita Pilot Berhasil Mendaratkan Pesawat di Sungai Bengawan Solo, Semua Penumpang Selamat

Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo Ngopi Bareng di Balai Kota DKI

Eddy Soeparno menjelaskan bahwa wawasan pengetahuan yang ia dapatkan dari buku-buku yang dibacanya turut mengantarkannya kepada posisi dan karirnya di perusahaan sebelum terjun ke politik.

"Saya ketika bekerja di perusahaan dan wirausaha saya selalu menyempatkan membaca buku pada waktu senggang. Banyak pengetahuan yang sebelumnya saya tidak tahu menjadi tahu karena membaca buku," katanya.

Maka dari itu, Eddy Soeparno mendorong generasi muda untuk giat membaca buku. Tidak hanya untuk memberikan wawasan, pemahaman, dan meningkatkan daya saing Indonesia tapi juga dapat menangkal hoaks yang menjamur di masyarakat.

"Tingkat literasi yang rendah bisa menjadi salah satu fasilitator hoaks itu berkembang di masyarakat. Membaca buku dan literatur yang kredibel sangat penting untuk memberikan pengetahuan masyarakat," katanya. (*)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved