Tes CPNS Kabupaten Tasikmalaya, dari 8.148 Peserta yang Lolos Hanya 280 Orang, Kuotanya 536 Orang

Ribuan peserta Tes CPNS untuk sejumlah instansi di Kabupaten Tasikmalaya berguguran, di tahap seleksi kompetensi dasar

Tes CPNS Kabupaten Tasikmalaya, dari 8.148 Peserta yang Lolos Hanya 280 Orang, Kuotanya 536 Orang
tribunjabar/isep heri
Tes CPNS Kabupaten Tasikmalaya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Ribuan peserta Tes CPNS untuk sejumlah instansi di Kabupaten Tasikmalaya berguguran, di tahap seleksi kompetensi dasar yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan rekap sementara dari sebanyak 8.148 peserta Tes CPNS yang mengikuti seleksi kompetensi dasar, hanya sebanyak 280 peserta yang lulus.

Angka peserta yang lulus Tes CPNS tersebut bahkan lebih sedikit dari formasi yang dibutuhkan di instansi Kabupaten Tasikmalaya yang mencapai 536 orang.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir mengatakan kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan daerah, pasalnya kebutuhan akan pemenuhan formasi sangat diperlukan.

Tes CPNS KBB, Hanya 150 dari 4.220 Orang yang Lolos ke Tahap Seleksi Kompetensi Bidang

"Dari 8 ribu lebih peserta yang memenuhi passing grade hanya 280, harusnya 1.500 atau 3 kali dari kuota sejumlah 500 lebih, apakah soal terlalu sulit walahualam," kata Abdul Kodir saat ditemui di Singaparna, Senin (5/11/2018).

Kendati demikian, lanjut Abdul Kodir, pihaknya menyerahkan kebijakannya seluruhnya ke Panselnas Pusat.


Pemerintah daerah selama ini hanya berharap ada kebijakan supaya kuota seluruhnya terpenuhi dan segera bisa melaksanakan tugasnya.

"Kami hanya berharap ada pengkajian lagi dari pusat terhadap jumlah peserta untuk mengikuti tes selanjutnya. Karena, kalau terus berdasarkan passing grade TWK, TIU dan TKP, kita yang lolos SKD-nya saja sangat kurang dari jumlah kuota yang dibuka. Padahal dalam tes bidang porsi persentasenya 60 persen," kata Abdul Kodir.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved