Musim Hujan di Bandung Raya Sudah Mulai, Puncaknya pada Januari, Maret, dan April 2019

Ia menjelaskan penentuan suatu daerah masuk musim hujan dilihat dari data curah hujan yang tercatat oleh BMKG per bulan.

Musim Hujan di Bandung Raya Sudah Mulai, Puncaknya pada Januari, Maret, dan April 2019
Tribun Jabar/Yongky Yulius
Muhamad Iid, Peneliti Cuaca dan Iklim pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat di kantornya, Jalan Cemara, Kota Bandung, Senin (5/11/2018). Ia mengatakan awal musim hujan di Jabar tahun ini secara umum terjadi antara Oktober-November 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Awal musim hujan di Jawa Barat (Jabar) pada tahun ini secara umum terjadi antara Oktober-November 2018.

Hanya sebagian wilayah selatan Jabar yang awal musim hujannya terjadi pada September dan sebagian utara Jabar yang awal musim hujannya datangnya lebih lama.

Hal itu dikatakan Muhamad Iid, peneliti Cuaca dan Iklim pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat.

Lebih spesifik lagi, untuk di wilayah Bandung Raya, kata dia, awal musim hujan terjadi pada dasarian III Oktober. Dasarian berarti hitungan per 10 harian.

"Di Bandung Raya awal musim hujannya sekitar di dasarian III Oktober, artinya antara tanggal 20-30 Oktober," kata Muhamad Iid saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Jalan Cemara, Kota Bandung, Senin (5/11/2018).

Persib Bandung Kembali Berlatih, Namun Jonathan Bauman Hanya Menyaksikan di Pinggir Lapangan

Kasus Gratifikasi Abubakar, Weti Lembanawati Dituntut 7 Tahun dan Adiyoto Dituntut 6 Tahun Penjara

Ia menjelaskan penentuan suatu daerah masuk musim hujan dilihat dari data curah hujan yang tercatat oleh BMKG per bulan.

Suatu wilayah dikatakan memasuki musim hujan ketika curah hujannya dalam satu dasarian lebih dari 50 milimeter dan dua dasarian berikutnya sama-sama di atas 50 milimeter.

"Jadi, jika dalam satu bulan atau tiga dasarian, curah hujannya lebih dari 150 milimeter, maka itu dikatakan musim hujan. Kalau musim kemarau sebaliknya, dalam satu bulan kurang dari 150 milimeter," ujar Muhamad Iid.

Berdasarkan data dari BMKG Bandung, ucapnya, di wilayah Bandung Raya pada dasarian III Oktober ini, ada daerah yang curah hujannya tercatat 65 milimeter hingga 95 milimeter per dasarian.

Halaman
123
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved