Atasi Masalah Sanitasi, Pemerintah Kota Tasikmalaya Kerja Sama dengan LSM Asal Belanda

Pemerintah Kota Tasikmalaya melakukan kerja sama dengan LSM asal Belanda, dalam bidang sanitasi.

Atasi Masalah Sanitasi, Pemerintah Kota Tasikmalaya Kerja Sama dengan LSM Asal Belanda
Tribun Jabar/Isep Heri
Penandatanganan kerja sama Pemkot Tasikmalaya bersama LSM SNV mengenai sanitasi di Krakatau ballroom, Hotel Horison, Kota Tasikmalaya, Senin (5/11/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Pemerintah Kota Tasikmalaya melakukan kerja sama dengan LSM asal Belanda, dalam bidang sanitasi.

Penandatanganan kerjasama bersama LSM SNV Indonesia tersebut digelar di Krakatau ballroom, Hotel Horison, Kota Tasikmalaya, Senin (5/11/2018) Siang.

Kerja sama program wash SDGs (sustainable development goals) tersebut didanai oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Kerajaaan Belanda.

SNV dalam hal ini berperan sebagai konsultan pembangunan berkelanjutan air, sanitasi, dan kebersihan.

Selain di Kota Tasikmalaya, program bersama LSM asal negeri Kincir Angin ini telah dijalankan di Kota Bandar Lampung dan Kota Metro.

"Program ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah membuka jalan tercapainya akses sanitasi aman dan kebersihan air berkelanjutan," jelas Direktur SNV Indonesia, Ismene Stalpers.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan timnya, Ismene menuturkan untuk di Kota Tasikmalaya masih ditemukan perilaku masayarakat yang tidak aman dalam hal sanitasi.

"Sebanyak 11 persen rumah tangga masih ada perilaku BAB sembarangan. 89 persen sudah memiliki toilet namun hanya 45 persen yang memiliki penampungan atau tangki septik. Kemudian dari 45 persen yang memiliki penampungan hanya 10 perseb yang melakukan penyedotan dan pengangkutan secara berkala, artinya 7 perseb praktek pengolahan dan pembuangan yang dilakukan dikategorikan tidak aman," tuturnya.

Dekranasda Jabar Gelar Lomba Cenderamata dan Sayembara Nama Baru Gedung Dekranasda

Jalan Pasar Atas Ditutup Kota Cimahi, Rekayasa Lalu Lintas Membingungkan Pengendara

Dituntut 8 Tahun Penjara, Begini Tanggapan Mantan Bupati Bandung Barat Abubakar

Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman mengharapkan adanya kerjasama program yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan ini bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kota Tasikmalaya.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved