Tinggal di Dusun Terpencil di Tengah Kebun Teh, Warga Dusun Cisoka Berharap Adanya Listrik PLN

Warga di kampung itu berharap adanya pemasangan listrik PLN yang dijanjikan beberapa waktu lalu segera direalisasikan.

Tinggal di Dusun Terpencil di Tengah Kebun Teh, Warga Dusun Cisoka Berharap Adanya Listrik PLN
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Dusun Cisoka merupakan sebuah kampung di lokasi tertinggi di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sudah bertahun-tahun, warga Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, memanfaatkan listrik seadanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Bantuan listrik tersebut, hanya berupa panel surya untuk dialirkan kepada 23 kepala keluarga (KK), yang diberikan oleh pemerintah pada 2010.

Namun, saat cuaca mendung di kampung tersebut, panel surya tidak berfungsi secara efektif, sehingga hanya bertahan selama dua jam saja.


Selebihnya, untuk kebutuhan pasokan listrik, warga pun menggunakan pembangkit listrik tenaga kincir air, namun hanya mampu menghidupkan penerangan serta televisi saja.

Maemunah (50), warga Dusun Cisoka, mengatakan, kalau ia, sangat menginginkan adanya pasokan listrik yang normal serupa dengan kampung lainnya di Desa Citengah, yaitu dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Dua sumber listrik itu sering bermasalah, banyaknya hanya pakai lilin atau patromak pada malam hari," kata Maemunah di Dusun Cisoka, Minggu (4/11/2018).

Pemkot Cimahi Masih Memiliki Berbagai Kendala untuk Selesaikan Banjir Melong

Untuk memasang kincir air pembangkit listrik, kata Maemunah, terlebih dahulu harus mengeluarkan uang untuk membeli perangkat kincir, namun terkendala permasalahan ekonomi.

Maemunah mengatakan, belum lama ini, ia baru saja membeli aki untuk pasokan listrik, namun itu hanya cukup mengaliri listrik lampu ruang tengah saja.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved